80 Persen Kebutuhan Pokok Dari Luar, Dinas Terkait Segera Berbenah

sidak di pasar Tana Mira Taliwang
SUMBAWA BARAT - Saat melakukan inspeksi mendadak atau sidak di pasar Tana Mira Taliwang dan pasar Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat, Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat Fud Syaifuddin, ST masih menemukan harga kebutuhan pokok yang berasal dari luar daerah.

Berdasarkan perbincangan dengan para pedagang bahwa harus diakui barang kebutuhan pokok yang masuk ke 3 pasar di KSB datangnya dari luar dan dalam daerah. 

"Kita harus mengakui dan ini faktanya dikalangan bahwa hampir 80 persen bahan kebutuhan pokok datang dari luar daerah," jelas Wabup.

Ia mengatakan teman-teman Dinas harus segera berbenah untuk mengatasi masalah ini termasuk Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan.

Pemerintah daerah sudah banyak menginterpensi kepada kebutuhan petani, namun kadang-kadang petani tidak bisa bertahan dengan kondisi di lapangan.

"Saking siapnya Pemda sudah sering menyuplai dan menyiapkan bibit, pupuk dan lainnya, namun ini semua tergantung mainsite berpikir petani harus kita rubah, termasuk petani sayur, cabe dan tomat dan kebutuhan pokok lainnya," ujarnya.

Dia menuturkan nanti setelah sidak ini ada tim yang akan meninjau langsung harga pasar setiap hari yaitu satgas pangan yang di ketua Kapolres dibantu Kasat Pol-PP, Diskoperindagkop dan ketahanan pangan akan memonitor harga pasar agar tidak melonjak.

"Sementara untuk harga daging pihaknya akan meminta Dinas Pertanian untuk tetap memantau atau mengontrol harga daging di pasaran," pungkasnya. (Ibrahim)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.