NTB Pamerkan Sejumlah Produk Unggulan UKM-UMKM di Jakarta

MATARAM-Pemerintah Provinsi NTB bersama Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI), BI  dan Bank NTB Syariah serta UMKM Mitra Binaan lainnya akan menggelar pameran dagang di Kementerian Perindustrian RI di Jakarta, bertajuk pertunjukan Gemilang NTB "Nuansa Tanpa Batas" yang akan dilaksanakan pada 2-6 Desembar 2019.

Sejumlah produk unggulan UMKM NTB, ditampilkan pada pameran di 12 stand yang disediakan Pemerintah  daerah tersebut. Diantaranya Mutiara Lombok, Perhiasan dari Kulit Kerang, Batik Sasambo, Tenun Bima,  Tenun Sumbawa, Tenun Lombok, dan berbagai macam olahan makanan. Seperti Ayam Taliwang, Pelalah Ayam Pagutan, Jamu,madu Sumbawa Kopi Rumput Laut, serta produk Tortila yang berasal dari desa wisata Bilebante, Lombok Tengah.

Pameran tersebut dijadwalkan akan dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI, KH. Ma'ruf Amin dan dihadiri pula oleh sejumlah duta besar negara-negara sahabat serta para mentri, pengusaha dan tamu undangan lainnya.

Pada opening ceremony, Grup Srikandi NTB Gemilang yang dipimpin langsung Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah dan Ketua  Dekranasda NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah bersama sejumlah kepala OPD  Perempuan, juga akan unjuk kebolehan dengan akan menyajikan sebuah kejutan berupa pementasan gambelan khas sasak.

Disela-sela gladi  di Gedung Garuda Kementrian Perindustrian RI, di Jakarta, Minggu (1/12-2019), Umi Rohmi sapaan Wagub NTB itu menjelaskan tujuan pameran dagang adalah memperkenalkan dan memasarkan lebih luas produk dari UKM–UKM binaan dari NTB.

Dari pameran ini, Umi Rohmi berharap akan terbuka jaringan pemasaran dan peluang kerja sama dari pihak lain. “Untuk melakukan kerja sama dengan UKM binaan berkelanjutan setelah pameran, serta mengetahui sejauh mana produk kita dilirik khususnya diluar daerah," ujar Wagub.

Sementara itu, Sekjend DPP IPEMI NTB, Ajeng Rosalinda Motimori,  menyampaikan bahwa kegiatan pameran produk bertajuk " Nuansa Tanpa Batas" itu, baginya tidak hanya sekadar kegiatan pameran yang mengutamakan segi transaksi jual beli saja. Namun  pameran ini juga diselenggarakan dengan maksud memberikan apresiasi kepada produk unggulan khas NTB. Dengan adanya pameran ini, dapat memacu dan mengasah kreativitas, khususnya para pelaku UMKM di NTB untuk selalu melakukan inovasi terhadap produknya.

"Saat ini IPEMI sendiri telah melakukan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kualitas produk dan penjualannya. Kedepan pembekalan lain melalui pemanfaatan teknologi informasi (digital marketing), sehingga para UKM dapat bersaing meningkatkan mutunya secara global," kata Ajeng.

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.