Tunjang Sektor Pariwisata, Bije Jari Dan AMMAN Bina Pemuda KSB


Lintas NTB
, Sumbawa Barat - Founder dan CEO Bije Jari Dedi Soehardie RS mengatakan bahwa, dirinya bercita-cita untuk menciptakan peluang-peluang kerja baru untuk mengurangi pengangguran-pengangguran yang ada di KSB dengan cara membina para pemuda-pemudi di bidang pariwisata.

"Dalam kunjungan rekan-rekan media di kampung ombak ini, saya berharap agar cita-cita membangun sumberdaya manusia (SDM) khususnya di sektor hotel dan restoran bisa diperkenalkan ke masyarakat secara luas," kata Dedi.

Ia juga mengatakan, sebelumnya Bije Jari telah melakukan kegiatan Graduation Ceremony of First Batch Hospitality Training Program Of The Year 2022 Supported By Amman Mineral Nusa Tenggara sebagai bentuk keseriusan kami dalam membina pemuda KSB. Dia mengucapkan terima kasih atas kehadiran rekan wartawan yang mendukung program Bije Jari ini.

Dia mengutarakan bahwa, pada proses awal program hospitality tersebut telah melatih sebanyak 30 peserta dari semua Kecamatan yang ada di KSB. 30 orang sudah menjalani praktek kerja lapangan, 85 persen dari 30 orang itu sudah mendapatkan pekerjaan di hotel dan restoran yang tersebar di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sementara untuk angkatan kedua, lanjut Dedi, ada 40 peserta dan sudah melakukan praktek kerja lapangan di hotel dan restoran langsung diterima bekerja. Diapun menargetkan agar kedepan bisa mensuport semua hotel dan restoran di KSB dengan tenaga kerja yang profesional dan handal.

"Bila kebutuhan hotel dan restoran di KSB terpenuhi, kami akan melebarkan sayap ke pulau Lombok dan pulau Sumbawa. Pokonya semua hotel dan restoran di NTB akan kami kerjasama," harap Dedi didepan awak media, Selasa, (23/8/2022).

Ia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan moril dan materil dari PT. AMNT. Semoga kedepan bisa menjawab tantangan terkait pengurangan tenaga kerja untuk pemuda KSB. Dia menuturkan, jenis program dan kualifikasi yang dilatih oleh Bije Jari yaitu program housekeeping, program F&B service, program F&B Product (Culinary), program Barista dan program bahasa Inggris. Ia berharap kepada pemerintah daerah dan swasta agar bisa terus mensuport kegiatan Bije Jari dan berkolaborasi untuk membina pemuda KSB. "Selanjutnya, kami akan kerjasama untuk melatih 185 pemuda/pemudi KSB," tuturnya.

Senada dengan CEO Bije Jari, Manager Eksternal Komunikasi PT. AMNT Ananta Wisesa mengucapkan terima kasih atas support dan dukungan dari rekan-rekan media kepada Bije Jari ini. Program dari Bije Jari yang bekerjasama dengan PT. AMNT ini, diharapkan bisa mencetak generasi muda yang profesional dan tangguh. "Saya berharap program ini bisa terus jalan dan mohon dukungan dari rekan-rekan media agar bisa membantu mengenalkan program Bije Jari dan PT. AMNT yang berpihak kepada generasi muda untuk menciptakan warisan terbaik," imbuhnya. 

Ditempat yang sama, Ketua PWI KSB Hairil W. Zakaria mengatakan bahwa, rekan-rekan media akan mendukung hal-hal positif untuk kemajuan KSB. Terlebih lagi ada pemuda KSB yang mau mendedikasikan diri untuk mengambangkan sektor pariwisata. "In Syah Allah, kami dari media akan mempublikasikan semua potensi yang ada termasuk program dari Bije Jari untuk membantu pemerintah dan swasta," pungkasnya. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.