UPT Museum Negeri NTB Dukung Pemkab Lobar Miliki Museum Daerah


Lintas NTB, Lombok Barat - Kegiatan Road Show UPT Museum Negeri NTB pertama kali bertempat di Ruang Kerja Sekda Kab. Lombok Barat pada hari Selasa (31/1/2023). Kegiatan ini dihadiri oleh Sekda Kab. Lombok Barat H. Ilham, Kepala UPT Museum Negeri NTB Ahmad Nuralam, Staf Ahli Bupati Bidang SDM H. Najamudin, Kabag Ortal Setda H. Subardi dan rombongan UPT Museum Negeri NTB.


Sekretaris Daerah Kab. Lombok Barat H. Ilham dalam kesempatan ini menyambut baik rencana pihak Museum NTB dalam hal melestarikan warisan Budaya yang ada di Kabupaten Lombok Barat. Pemda tentu akan mendukung segala bentuk kegiatan pelestarian cagar budaya karena itu merupakan kekayaan budaya yang dimiliki daerah. Dengan adanya kegiatan pelestarian ini mencegah dan menghindari kepunahan sejarah suatu peradaban. "Rekomendasi kebudayaan serta pelestarian cagar budaya agar tidak punah dan perawatan tentunya harus melibatkan masyarakat sekitar", jelasnya.


H. Ilham berharap dalam hal pelestarian cagar budaya hendaknya tetap melibatkan masyarakat karena tidak menutup kemungkinan masyarakat masih banyak menyimpan benda-benda bersejarah. Edukasi  dan pemahaman kepada masyarakat tentang pengelolaan benda bersejarah harus digalakkan, dengan demikian masyarakat akan faham tentang pemeliharaan benda bersejarah dengan baik.

"Apalagi sebagian besar masyarakat memiliki benda peninggalan sejarah yang harus tetap dirawat serta dijaga agar tidak punah dan lapuk dimakan usia", jelasnya. 


Lebih lanjut Sekda Kab. Lombok Barat H. Ilham mendukung langkah Museum Negeri NTB untuk mendorong setiap daerah memiliki Museum Daerah. Pemkab Lombok Barat segera membentuk Pokja Pendirian Museum Daerah Lobar agar semua potensi benda sejarah di daerah ini terdata. Diharapkan dengan adanya Museum Daerah akan melahirkan sektor wisata baru bagi Lombok Barat. "Kami mendukung program ini dan Lobar akan segera membentuk Pokja", tutupnya.


Sementara itu Kepala UPT Museum Negeri NTB Ahmad Nuralam menyampaikan Museum Negeri NTB terus berkomitmen untuk membangun dan melestarikan cagar budaya yang ada di NTB. Namun hal tersebut membutuhkan dukungan seluruh pemangku kepentingan untuk memberikan kontribusinya termasuk pemerintah Kabupaten/Kota. Kegiatan pelestarian cagar budaya harus berpedoman pada aturan dan kebijakan yang berlaku di masing-masing daerah. "Kami terus  membangun komitmen dalam pelestarian cagar budaya dan berkolaborasi dengan Pemkab/Pemkot", cetusnya.


Ahmad Nuralam mengungkapkan dengan adanya kunjungan tersebut dapat menjadi media penghubung untuk menyamakan persepsi dan menguatkan kesamaan pandangan antara Pemerintah Kabupaten Lombok Barat dengan pihak Museum Negeri NTB. Pihaknya mendorong Pemkab Lombok Barat membentuk Museum Daerah dengan memperhatikan karakteristik dan ciri khas masing-masing daerah dalam menjaga dan melestarikan Cagar Budaya. "Kami mengajak dan mendorong Pemda Lobar membentuk Museum Daerah dengan ciri dan kekhasan daerah", tutupnya.


0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.