Rekapitulasi Selesai, Partisipasi Pemilih Di KSB Tertinggi

Rekapitulasi Suara di KSB
SUMBAWA BARAT - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa Barat telah menyelesaikan rapat rekapitulasi suara pemilih tingkat Kabupaten di Hotel Grand Royal, pada Senin, (2/5).

Proses rekapitulasi perolehan suara berlangsung non stop sejak Senin 29 April 2019. Tahapan rekapitulasi itu dibuka oleh Sekretaris daerah, H Abdul Aziz mewakili Bupati, dihadiri oleh Kapolres, Dandim 1628/KSB, pimpinan parpol peserta pemilu, tim kampanye daerah pasangan calon presiden dan wakil presiden serta saksi dari masing-masing parpol.

Sekretaris Daerah, Abdul Aziz, SH. MH menyampaikan bahwa pada dari proses awal Pemda telah menfasilitasi proses pemilu di KSB sampai akhir acara.

Ia juga mengatakan pada masa kampanye dan pembersihan atribut atau alat peraga Pemda juga membantu penyelenggara melalui Pol- PP. Dia berharap agar proses dari awal sampai pelantikan daerah ini tetap aman, perhitungan lancar, sehingga kita mengetahui wakil kita di DPRD Kabupaten Kota, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD dan Presiden dan Wakil Presiden.

Ketua KPU KSB Denny Saputra, S. Pd menjelaskan bahwa partisipasi masyarakat KSB dalam mengikuti pemilu lumayan tinggi, dia juga meminta kepada masyarakat agar tetap menjaga ketertiban dan keamanan di daerah ini.

Rekapitulasi atau perhitungan di KPU telah selesai 2 Mei 2019 dan terakhir nanti penetapan calon terpilih. Ia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemerintah Daerah, Masyarakat, Partai Politik yang telah berpartisipasi mensukseskan pemilu.

"Pemilu yang berintegritas, jujur dan adil sehingga masyarakat bisa mengakses semua tahapan pemilu yang kami buka untuk menjamin hasil pemilu di KSB yang bersih dan akuntabel.

Dia mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan PPK, PPS dan KPPS dengan dedikasi rekan semua sehingga proses rekapitulasi di tingkat Kabupaten berjalan sukses.

“Alhamdulillah proses rekapitulasi berjalan lancar. Tidak ada dinamika berarti yang terjadi selama proses berlangsung sampai hasilnya ditetapkan sekitar Pukul 02.00 Wita, kamis dini hari,” ungkap Ketua KPU Sumbawa Barat.

Denny menyampaikan terimakasih kepada pemerintah daerah, Kepolisian, TNI, Parpol dan masyarakat yang telah mendukung pelaksanaan Pemilu yang aman dan damai.

“Peran serta semua pihak sangat menentukan sehingga tahapan – tahapan pelaksanaan Pemilu di Sumbawa Barat berjalan lancar dan aman. Kami menyampaikan apresiasi tinggi atas dukungan yang diberikan,” ucapnya.

Dari hasil rekapitulasi perolehan suara yang telah dilaksanakan, pasangan Capres – Cawapres Nomor urut 02, Prabowo Subianto – Sandiaga Uno berhasil mengungguli Pasangan Nomor urut 01, Jokowi – Ma’ruf Amin di Kabupaten Sumbawa Barat.

Prabowo – Sandi berhasil meraup sebanyak 49.165 suara atau 62,39 persen dari total sebanyak 78.806 suara sah. Sedangkan Jokowi – Ma’ruf Amin meraih total sebanyak 29.641 suara atau 37,61 persen.
Sementara untuk Pemilu legislatif DPRD Kabupaten Sumbawa Barat, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) keluar sebagai pemenang dengan total perolehan suara dari tiga Daerah Pemilihan (Dapil) mencapai 15.132 suara.

Dari perolehan suara ini, PDIP dipastikan meraih 5 kursi DPRD KSB, masing-masing 2 kursi di Dapil 1, 2 Kursi di Dapil 2 dan 1 kursi di Dapil 3. PKS berhasil duduk di peringkat kedua dengan total perolehan suara sebanyak 6.814 suara dan dipastikan meraih 3 kursi DPRD, masing-masing 1 kursi di setiap Dapil.

Tabel Partisipasi Pemilih di KSB
Tabel Partisipasi Pemilih di KSB
Dari data DB1 DPRD Kabupaten/kota yang ditetapkan KPU KSB, sebanyak 8 partai politik dipastikan mendapat masing-masing dua kursi DPRD. Parpol dimaksud adalah, Gerindra, PPP, PAN, PKB, Nasdem, Demokrat, PKPI, dan PBB. Sementara Partai Golkar di Pemilu tahun ini hanya berhasil mempertahankan 1 kursi di DPRD KSB. Total jumlah parpol peraih kursi DPRD KSB sebanyak 11 parpol.

Terkait partisipasi masyarakat, KPU Sumbawa Barat dapat dikatakan sangat berhasil, karena dalam Pemilu kali ini angka partisipasi masyarakat mencapai 86,16 Persen. Angka partisipasi ini merupakan angka partisipasi tertinggi sepanjang sejarah pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Sumbawa Barat.

Sementara untuk Dapil 1 Taliwang, partai Gerindra meraih suara 4073 yang dengan perolehan suara pribadi dari merliza 1530, Pdip 5053 yang dimana raih Kaharuddin Umar  2413 di kursi 4 dan M. yamin 846. Suara partai Nasdem 2248 yang di mana di raih oleh Masadi dengan meraih suara 1018, partai PKS dengan suara partai 2200 yang suara tertinggi di raih oleh Baharung 1012.

Selanjutnya partai PPP dengan perolehan suara 2372 yang di raih oleh Amiruddin Embeng sebanyak 1488, Pantai amanat nasional dengan perolehan suara partai 2373 dan perolehan suara pribadi dari M. Hatta sebanyak 1937, partai Demokrat dengan suara partai 2682 yang di mana raih oleh Ahmad, S. Ag dengan perolehan suara pribadi sebanyak 1114. Partai PBB dengan perolehan suara partai sebanyak 1860 yang dimana perolehan suara pribadi M. Nur sebanyak 781, partai PKPI dengan perolehan suara partai 2227 yang di mana perolehan suara pribadi yang di raih Andi Laweng, SH sebanyak 1712.

Untuk daerah pemilihan dua atau Dapil 2 di raih PKB dengan perolehan suara partai 2840 dengan mendapatkan suara pribadi tinggi dengan nama kondi pranata 1202, PDIP dengan perolehan suara partai 7666 yang mendapatkan suara pribadi tertinggi dengan nama Nurjanah 3072, selanjutnya Hasanuddin dengan perolehan suara pribadi sebanyak 1850, partai Golkar dengan perolehan suara partai 1912 yang mendapatkan suara pribadi tinggi dengan nama Mancawari sebayak 780.

partai Nasdem dengan perolehan suara partai 2125 yang mendapatkan suara pribadi tinggi dengan nama Mustapa HS sebanyak 664, Partai PKS dengan perolehan suara partai 2974 yang mendapatkan suara pribadi tinggi Taufiqurrahman 838, partai PPP dengan perolehan suara partai 2915 yang mendapatkan suara pribadi tinggi dengan nama Syafruddin sebanyak 995, partai PBB dengan perolehan suara partai 1879 sementara suara pribadi sebanyak 1436 yang diraih agusfian, SE, Partai PKPI dengan perolehan suara partai 2530 yang meraih suara tinggi 1247 dengan nama Aherruddin.

Daerah pemilihan 3 atau Dapil dari partai PKB dengan perolehan suara partai 1930 dengan yang meraih suara tinggi sudarli dengan perolehan suara pribadi 1206, partai gerindra dengan perolehan suara partai 1451 yang meraih suara tinggi Haman dengan perolehan suara pribadi 702, partai PDIP dengan perolehan suara partai 2413 yang meraih suara tinggi M. Saleh dengan perolehan suara pribadi 915, Partai PKS dengan perolehan suara partai 1640 yang memperoleh suara tinggi Abidin dengan perolehan suara pribadi sebanyak 1083, partai Amanat Nasional dengan perolehan suara partai 2309 yang suara tinggi Riyadi sebanyak 807 dan partai Demokrat dengan perolehan suara partai 1634 yang tinggi dengan nama ikhwansyah dengan perolehan suara pribadi 990.

Setelah itu tahapan selanjutnya akan dilaksanakan KPU Sumbawa Barat adalah rapat pleno terbuka penetapan calon anggota DPRD terpilih. (Ibrahim)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.