Urgensi Pembentukan Karakter Anak Di Era Globalisasi


Penulis : Muhammad Hada, Mahasiswa PGMI UMMAT 


Karakter,sifat dan watak merupakan tabiat atau kebiasaan yang mempengaruhi pikiran,tingkah laku dan budi pekerti yang ada pada diri manusia atau makhluk hidup lainnya.

Karakter juga memiliki arti yang sama dengan kepribadian meski keduanya merupakan suatu hal yang berbeda yang dimana keperibadian cenderung kepada intraksi sosial manusia atau individu untuk mengetahui sifat manusia tersebut sedangkan karakter lebih cenderung terhadap nilai-nilai pendidikan untuk membentuk dan mengembangkan sifat manusia.

Pembentukan karakter di mulai sejak dini atau masih di sebut anak(kekanak-kanakan) bahkan sejak baru lahir pun seorang anak memiliki karakter yang membuat seorang anak tersebut memiliki keunikan tersendiri oleh karakternya masing-masing.

Media sosial sangat berpengaruh bagi karakter seorang anak,hal itu dapat dilihat dari apa yang ia lihat dari media sosial dapat menjadi sebuah gambaran atau pembelajaran bagi seorang anak.

Di era globalisasi atau modern ini karakter seorang anak sangat perlu untuk diperhatikan karena pengaruh digital yang sangat kuat untuk merubah atau membentuk karakter seorang anak bahkan bisa menghancurkan moral-moral yang sudah di bentuk sejak dini.

Pengaruh digital di era modern ini banyak membawa pengaruh buruk yang membuat karakteristik anak menjadi persoalan yang sangat mendesak bahkan darurat,sehingga banyak persoalan atau kasus dikalangan remaja bahkan anak-anak sekarang cenderung mengikuti budaya luar yang bisa mengedukasi seorang anak pada hal yang buruk contohnya seperti bermain game online dan lain sebagainya.

Karakteristik seorang anak di era modern ini sudah banyak mengalami kerusakan karena kurangnya perhatian orang tua terhadap anak dalam penggunaan media sosial oleh karena itu untuk membentuk dan mengembangkan karakter anak-anak di era globalisasi ini perlu adanya tindakan untuk mendidik karakter anak baik dari segi kekeluargaan,pendidikan dan lingkungan.

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.