Gandeng Dinas Perikanan, Mahasiswa KKN UNDOVA Gelar Sosialisasi Keamanan Pangan dan Pengolahan Produk Lokal Hasil Perikanan


Lintas NTB, Sumbawa Barat -
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Cordova (UNDOVA) yang dilakukan di Desa Poto Tano mengadakan kegiatan sosialisasi kemananan pangan dan pengolahan produk lokal hasil perikanan. Kegiatan tersebut melibatkan ibu-ibu kelompok pengolahan dan pemasaran hasil perikanan yang ada Gili Balu (POKLAHSAR Gili Balu) yang bertempat di aula Kantor Desa Poto Tano pada Kamis, (13/07/2023).

Dalam sambutannya, Ketua KKN UNDOVA Desa Poto Tano, Indra Dwi Herfiansyah menyampaikan bahwa, kegiatan sosialisasi ini sebagai bentuk kepedulian mahasiswa dalam upaya membantu pengembangan usaha produk-produk lokal di Desa Poto Tano.

Ia juga mengatakan, kegiatan sosialisasi ini sejalan dengan tema besar KKN UNDOVA tahun 2023 yaitu Kolaborasi Pengembangan Ekonomi dalam Mewujudkan Desa Mandiri di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Disamping itu, sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan edukasi dan pemahaman kepada para pelaku usaha atau UMKM agar menjaga keamanan pangan, sehingga produk yang dihasilkan tetap aman, higienis, dan bermutu.

Narasumber dalam kegiatan sosialisasi yaitu Deswi Dianti, SN, Spt., M.Si selaku Kepala Seksi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Dinas Perikanan Kabupaten Sumbawa Barat. 

Dalam materinya, Deswi menyampaikan bahwa, keamanan pangan menjadi hal yang mendasar dan sangat penting bagi semua produk makanan. Menurutnya, keamanan pangan sangat diperlukan untuk mencegah pangan atau produk dari kemungkinan tiga cemaran, yaitu biologis, kimia dan benda lain yang dapat mengganggu dan membahayakan kesehatan manusia apabila di konsumsi.

Selain itu, Ia pun mengapresiasi mahasiswa KKN yang turut andil dalam membantu mengawal dan mengembangkan produk makanan khususnya hasil perikanan. Ditempat yang sama, Kepala Desa Poto Tano Adi Muliadi, S.Pd.I mengapresiasi kegiatan mahasiswa KKN UNDOVA yang telah menginisiasi dan melaksanakan kegiatan sosialisasi keamanan pangan ini, mengingat hal ini penting bagi pertumbuhan ekonomi di Desa. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.