Sekda Buka Kegiatan Penyuluhan Anti Korupsi Lingkup Pemkab Sumbawa Barat Tahun 2024


Lintas NTB, Sumbawa Barat -
Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Barat, Amar Nurmansyah, ST., M. Si membuka kegiatan Penyuluhan Anti Korupsi Lingkup Pemkab Sumbawa Barat Tahun 2024 yang bertempat di aula pertemuan BKPSDM Sumbawa Barat, Selasa, (23/04/2024), pukul 09.00 Wita. Hadir dalam kesempatan tersebut, para kepala OPD lingkup Pemkab. Sumbawa Barat, Camat, para Kepala Desa, dan Ormas.

Dalam kesempatan membuka acara, Sekda menekankan bahwa meskipun KSB dalam penilaian MCP (Monitoring Center for Prevention) oleh KPK tertinggi kedua di NTB, kita harus tetap belajar. "Kelemahan kita ini, terkadang dalam pengelolaan administrasi keuangan sudah bagus dan sudah sesuai dengan aturan, tetapi ketika ada pendataan, pelaporan yang selanjutnya akan dinilai, disini terkadang kita masih lemah. Demikian pula terkait dengan Survey Penilaian Integritas (SPI), yang berkaitan dengan penempatan aparatur. Disini kita masih perlu pendampingan agar tatakelola aparatur ini, penempatannya sesuai dengan kompetensinya. Ini butuh keseriusan dari kita semua," ungkap Sekda.

Sekda juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kerja massive para Kepala OPD dalam merespon surat dari KPK terkait dengan Kampanye Anti Korupsi yang telah dilakukan oleh Tim Anti Korupsi Kabupaten yang telah berjalan beberapa hari ini. "Semoga dengan penyuluhan yang dilakukan hari ini kita bisa lebih mengenal titik rawan korupsi di semua sisi, bukan hanya dari sisi pengelolaan keuangan saja," terang Sekda. 

Acara penyuluhan dipandu oleh Irban 4 Inspektorat Daerah Kabupaten Sumbawa Barat, Drs. Syaifullah. Sementara itu, yang bertindak selaku pemateri yaitu Haeli, SE. M. Ak, Widyaiswara Ahli Madya BPSDM Provinsi NTB, yang juga ketua Forum Penyuluh Anti korupsi NTB. Dalam penyampaiannya dirinya menyampaikan bahwa, KPK memiliki tugas berat, sementara personil yang ada jumlahnya sedikit, tetapi tugasnya banyak. 

Oleh karenanya, KPK membuka kerjasama dengan Pemerintah Daerah untuk diadakannya Penyuluh Anti Korupsi di daerah. Khusus di NTB, Alhamdulillah pada bulan Agustus tahun 2021 telah dibentuk Forum Penyuluh Anti Korupsi oleh Gubernur NTB. Kita berharap, melalui penyuluhan ini kita dapat memahami korupsi secara sederhana," tuturnya.

Demikian seterusnya, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dan tanya jawab. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.