Rumah Seorang Warga di Dusun Dasan Tengak Ludes Terbakar

LOMBOK TIMUR,LINTASNTB. Rumah H. Mustakim, salah seorang warga Karang Asem, Dusun Dasan Tengak, Desa Montong Beter, Kecamtan Sakra Barat ludes terbakar pada Minggu, (28/01). Api mulai berkobar sekitar pukul 24.00 wita dan melalap habis bagian atap rumah H. Mustakim serta beberapa barang-barang penting di dalamnya. Beruntung, 4 ekor sapi masih bisa selamat dengan kondisi beberapa luka di bagian tubuhnya dan sebuah sepeda motor berhasil diselamatkan.

H. Mustakim menerangkan, sebenarnya kebakaran itu sudah disadarinya sejak awal. Namun ia tidak menduga sama sekali bahwa suara yang didengarnya adalah bara api yang mulai berkobar dari kandang sapi miliknya. Ia juga sempat mendengar suara sapinya yang mulai bertingkah tidak wajar. Namun ia mengira anak sapi yang dipeliharanya di bagian belakang rumah itu sedang main-main dengan induknya. Lalu ia biarkan beberapa saat. Selang beberapa lama kemudian api sudah membesar dan melahap barang milik korban. 

“Sebenarnya sedari awal saya sudah mendengar suara, tapi saya tidak berpikiran bahwa ada api. Saya hanya mengira anak sapi itu main-main dengan induknya.” Terang H. Mustakim.

Sementara Anas, yang juga mendiami rumah itu menuturkan bahwa kebakaran itu juga tidak disadarinya sejak awal. Kemudain ia mendengar ada suara ledakan, lalu ia keluar dan mendapati api sudah berkobar di rumahnya.

Pemadam kebakaran yang diharapkan datang dalam kejadian itu malah tidak kunjung datang. Hingga salah seorang warga berinisiatif mengumumkan kebakaran itu lewat pengeras suara masjid. Warga pun berdatangan ikut membantu memadamkan api dengan membawa alat ala kadarnya.

“Saya mendengar ada suara ‘kebakaran’ dari pengeras suara. Awalnya saya tidak percaya, karena sudah larut malam, namun melihat orang-orang pergi membawa ember, lalu saya juga ikutan.” Tandas Toni, salah seorang warga yang ikut memadamkan api.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadain tersebut. Sementara kerugian atas kebakaran tersebut belum bisa ditaksir. Namun ijzah korban, pakaian, TV, dan beberapa barang di dalamya ludes terbakar dan kebakaran hanya menyisakan tembok rumah milik korban. Api kemudian berhasil dipadamkan pada pukul 12. 49 dini hari.

Dalam kejadian itu terlihat juga Kepala Desa Montong Beter dan 3 orang anggota Polsek Sakra Barat yang datang membantu. Namun saat dimintai keterangan, Kepala Desa Montong Beter belum bisa memberikan informasi dan bantuan kepada korban. Dia hanya mengatakan bahwa dirinya akan melaporkan kejadian ini pada dinas terkait. (Uki)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.