Upacara Pengamanan Jelang Pilkada, Ini kata Kapolres

Suasana upacara jelang pengamanan pilkada
LOMBOK BARAT,LINTASNTB. Kapolres Lombok Barat AKBP Heri Wahyudi mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif menjaga kondusifitas dan keamanan menjelang puncak pesta demokrasi Pemilukada serentak 2018 yang akan berlangsung dua hari lagi. Hal itu disampaikan Kapolres saat kegiatan Apel Kaposkamling se-Kabupaten Lombok Barat (Lobar) di halaman kantor Kapolres Lobar, Senin (25/6).

“Mari kita pupuk nilai-nilai silaturahmi dan persaudaraan di antara kita guna menciptakan lingkungan yang sehat serta aman dan kondusif dalam menghadapi pilkada serentak ini. Perkembangan teknologi informasi dan transportasi yang pesat serta isu-isu global seperti demokratisasi, perlindungan hukum dan ham, lingkungan hidup, dan lain- lain, menyebar secara cepat menjadi isu nasional,” ujar Kapolres.

Menurutnya, kondisi tersebut membawa pengaruh yang sangat signifikan terhadap segenap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Tidak kecil kemungkinan hal tersebut juga berimplikasi pada munculnya berbagai potensi ancaman dan gangguan khusunya menjelang Pilkada Serentak 2018.
Untuk itu Kapolres berharap seluruh masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan koordinasi untuk mengantispasi berbagai isu yang ada.

“Kami dari Polri mengajak seluruh awak Pos Kamling, dan seluruh peserta apel gabungan TNI Polri serta Linmas yang hadir dalam apel bersama untuk membangun informasi, komunikasi dan koordinasi instansi terkait sampai ke tingkat desa dalam memecahkan suatu permaslahan yang ada di tengah lingkungan saat Pilkada 2018,” ajaknya.

Untuk gelaran Pilkada kali ini, Polres Lobar menurunkan 318 personil ditambah 150 personil untuk kegiatan partoli di wilayah hukum Lobar. Sedangkan dari Linmas sebanyak 1.484 orang yang nantinya berkoordinasi dengan TNI Polri untuk penempatannya.

Polres Lobar sebelumnya telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat. Salah satunya melalui fungsi teknis binmas yaitu melakukan binteknis terhadap Pam Swakarsa dengan mengaktifkan kembali kegiatan Pos Kamling. Hadirnya Pam Swakarsa ini diharapkan mampu menekan potensi-potensi masyarakat yang dapat mengganggu kamtibmas. Disadari, untuk menciptakan kondisi yang aman bukan hanya tanggung jawab Polri semata, melainkan menjadi tetapi tanggung jawab seluruh masyarakat.

Selain di Kantor Polres Lobar, apel gabungan juga digelar Polres Kota Mataram di lapangan Narmada, Kecamatan Narmada. Seperti diketahui, beberapa wilayah Kabupaten Lombok Barat yakni Kecamatan Narmada, Lingsar dan Gunungsari merupakan bagian dari wilayah hukum Polres Mataram.

Kegiatan tersebut dihadiri sekitar 500 peserta yang terdiri dari warga desa se-Kecamatan Narmada, Lingsar dan Gunungsari. Turut hadir dalam apel gabungan tersbut di antaranya Wakapolres Mataram, Kapolsek Narmada, Kadis Pol PP Lombok Barat, Camat Narmada, Camat Lingsar para personil TNI Polri dan Polmas.

Dalam apel tersebut ada tiga poin yang disampaikan Wakapolres Kota Mataram Bapak Kompol Nanang Budi. Pertama, personil TNI, Polri dan Linmas diharapkan tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan diri masing-masing personil di tempat ditugaskan. Kedua, semua personil pengamanan harus kenali lingkungan, termasuk kesiapan fisik dan mental untuk dapat memberikan pelayanan maksimal demi lancarnya pemungutan suara di TPS. Terakhir, Wakapolres  meminta agar semua personil baik TNI, Polri dan Polmas untuk lakukan kerjasama dan sinergitas di lapangan.

"Saya minta kerjasama yang baik antara TNI, Polri dan Linmas agar Pemilukada serentak ini berjalan lancar dan sukses," tegasnya.(rls/cand)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.