Fauzan Apresiasi BNI yang Laksanakan Program PKT di Lombok Barat

Pembukaan program PKT bank BNI di Lobar
LOMBOK BARAT,LINTSNTB. PT. Bank Negara Indonesia (BNI) memulai program Padat Karya Tunai (PKT) di Kabupaten Lombok Barat (Lobar). Sekitar 300 warga Desa Bukit Tinggi Kecamatan Gunungsari terlibat dalam program ini. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk rabat jalan beton menuju daerah wisata Tibu Tereng dengan panjang sekitar 215 meter.

Program PKT merupakan salah satu upaya pemberdayaan dan penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat yang diprakarsai BUMN. Program ini menghimpun dan memfokuskan aktifitas bina lingkungan dari berbagai BUMN untuk memobilisasi budaya gotong royong yang sudah tertanam di dalam masyarakat pedesaan dan memanfaatkannya untuk membangun atau merenovasi sarana serta prasarana publik penting.

Pimpinan BNI Cabang Mataram Bpk. I Made Sudharma menjelaskan, program PKT diprioritaskan sebagai sasaran program untuk mengurangi tingkat pengangguran. Melalui program PKT ini, penduduk yang belum memiliki pekerjaan dan sedang mencari pekerjaan diharapkan dapat ikut ambil bagian.      

"Adapun proyek-proyek yang dapat kita kerjakan dengan memanfaatkan program PKT ini memiliki kriteria dalam setiap pelaksanaannya. Maksimal 5 kegiatan di satu lokasi, seperti jalan desa, embung, jembatan, Pondok Bersalin Desa (Polindes), Fasilitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dan pembangunan pasar desa,” terangnya. 

Pada awalnya program PKT ini dinamakan Cash for Work. Namun atas masukan Presiden RI Joko Widodo, namanya berubah menjadi Program PKT. Pada program PKT di Desa Bukit Tinggi ini, BNI bekerjasama dengan BUMDes dengan tujuan mengembangkan perekonomian masyarakat di Desa Bukit Tinggi melalui Agen 46 BNI.

Dengan adanya program ini, BNI berharap dapat memberikan lapangan pekerjaan sehingga masyarakat setempat dapat memperoleh penghasilan maupun peningkatan pendapatan (income generating activities) tanpa sepenuhnya menggantikan pekerjaan yang lama. Selain dari pada hal tersebut, BNI juga memberikan bantuan berupa material yang dibutuhkan guna menunjang kegiatan PKT di mana hal tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan CSR (Corporate Social Resposibility) yang dilakukan oleh BNI.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Bank BNI khususnya bank BNI cabang Mataram yang telah berinisiatif dengan niat ikhlas, niat baik membantu masyarakat kita di Kabupaten Lombok Barat khususnya di Desa Bukit Tinggi. Mudah-mudahan kerjasama ini tidak sampai di sini tetapi juga terus dilanjutkan dan bisa mengarah kepada bantuan pemberdayaan ekonomi masyarakat,” kata Bupati Lobar H. Fauzan Khalid saat menghadiri pembukaan program PKT di Desa Bukit Tinggi, Senin (30/7). 

Bupati Fauzan menambahkan, terkait dengan potensi Desa Bukit Tinggi, selain infrastruktur jalan, Pemkab Lobar rencananya juga akan membangun bendungan.

“Di tahun ini sampai akhir tahun mudah-mudahan selesai pembebasan lahan sekitar 200 hektar. Kita sudah mendapatkan kepastian dan sudah masuk di APBN 2019. Anggarannya sudah masuk Rp. 850 milyar dari perkiraan total anggaran yang dibutuhkan sebesar Rp. 1,2 triliun,” tambah Fauzan. (Rls/cand)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.