Optimalkan Pemanfaatan DD Melalui Sarasehan Kades

Sarasehan optimalisasipemanfaatan dana desa
LOMBOK BARAT,LINTASNTB. Sejak tahun 1976, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mewajibkan seluruh mahasiswanya, sebelum lulus harus turun ke desa. Tujuannya untuk bekerja dan memecahkan masalah yang dihadapi di desa. Terkait dengan itu, sebanyak 20 orang mahasiswa/i UGM tengah melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa Bagik Polak kecamatan Labuapi.

Sebagai agenda dari kegiatan KKN, para mahasiswa menggelar sarasehan yang berlangsung di Aula Utama Kantor Bupati Lombok Barat (Lobar), Senin (23/7). 

Sarasehan yang membahas Optimalisasi Pemanfaatan Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) ini, dihadiri oleh perwakilan dari Dirjen Bina Pemdes Kemendagri, Sekjen PDTT Kemendes dan Ketua LPPM UGM Yogyakarta.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UGM sebagai fasilitator sarasehan, menghadirkan pula pembicara dari Koalisi Perempuan Indonesia, Dian Aryani serta Dosen Fisipol UGM, Dr.Arie Sudjito. Sarasehan dipandu oleh seorang moderator dari mahasiswa, Afal Ranggajati.

Ketua LPPM UGM, Prof.Ir.Irfan Dwidya, P.M. Eng,Phd menyatakan, sejak tahun 2013 pihaknya merubah pola KKN menjadi kegiatan yang lebih menyentuh kepada pembangunan masyarakat desa.

"Sejak tahun 2013 kami merubah kebijakan dan para mahasiswa dibawah bimbingan dosen,” katanya.

Dalam kegiatan KKN ini mereka memiliki kegiatan pemetaan desa, pemetaan masalah yang dihadapi di desa. Dalam pemetaan ini kata Irfan, bisa diketahui arah pembangunannya yang diarahkan melalui RPJMDes. Untuk itu, kata dia, Optimalisasi Pemanfaatan ADD dan DD ini menjadi salah satu topic sasaran penyelesaian masalah.

Di tempat yang sama, Bupati Lobar, H.Fauzan Khalid berharap, seluruh mahasiswa bisa memanfaatkan kegiatan sarasehan ini untuk menimba ilmu. Semuanya dihajatkan dalam rangka membuat program terkait dengan pembangunan yang ada di desa.

Pada kesempatan itu Fauzan merinci jumlah desa/kelurahan, luas wilayah serta potensi lainnya. Tak ketinggalan juga, diperkenalkan dua orang mahasiswa asal Lombok yang turut sebagai peserta KKN.

Demikian pula diperkenalkan dua orang Kades alumni UGM. “Kades Babussalam dan kades Dasan Geria, mereka ini alumni UGM,” paparnya dihadapan seluruh kades, camat dan sejumlah OPD Lobar. (Rls/cand)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.