Kapan Gempa Berakhir? Ini Jawabannya

Bangunan yang rusak akibat gempa bumi beberapa waktu yang lalu
MATARAM,LINTASNTB. Sejak Gempa Bumi tanggal 29 Juli 2018 yang berkekuatan M 6.2 SR mengguncang Lombok dan terus terjadi hampir setiap hari hingga saat ini meskipun dengan kekuatan dibawah gempa utama M 7 SR pada tanggal 5 Agustus 2019 telah menjadi momok yang menakutkan,menghantui dan membuat gusar masyarakat di Pulau Lombok.

Anehnya dengan peristiwa ini telah banyak muncul pengamat dan ahli Gempa dadakan bertebaran di media sosial yang menjawab dan membuat spekulasi tentang kegempaan dengan berbagai macam jawaban,dan tidak jarang alhasil meresahkan dan membuat kepanikan masyarakat.

Pertanyaan yang paling populer pada kita sebagai masyarakat Lombok saat ini adalah "Kapan Gempa Lombok akan berakhir ?". Para ahli dan berbagai lembaga resmi (BMKG,BNPB,LIPI,BPPT,UNICEP,dll) telah bekerja sama memberikan jawaban agar masyarakat dapat memahami dengan jelas dan tidak rancau.

Saat ini tekhnologi telah mampu memperediksi berapa potensi besaran energi yang  tersimpan dan terlepas pada sebuah segmen gempa,namun belum mapu memprediksi hingga waktu tanggal dan jam kapan gempa akan terjadi.

Menurut BMKG,Gempa-gempa susulan yang dipicu oleh gempa besar beberapa waktu lalu sudah mulai reda. Gempa berkekuatan kecil masih akan terjadi sebagai bentuk penyelesaian pelepasan energi di segmen utara Lombok.(RK)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.