Silaturrahmi Pemda dan Wartawan, Semoga Kemitraan Semakin Baik Kedepan

Taliwang - Menutup tahun 2018 Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Sumbawa Barat menggelar Konferensi Pers dan Silaturahim dengan para awak media KSB, pada Jum’at siang (28/12/2018).

Kegiatan yang digelar di ruang Sidang I Gedung Graha Praja Setda KSB ini dihadiri puluhan awak media, baik cetak maupun elektronik yang ada di KSB. Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda KSB, Ir. Abdul Mu’is, M.M dalam laporannya mengatakan, kemitraan Pemerintah Daerah (Pemda) dengan rekan wartawan semoga semakin baik. Dengan kerjasama yang ada media telah berkontribusi memberitakan program dan kegiatan Pemda sehingga masyarakat bisa mengetahui kinerja Pemerintah Daerah. Diharapkan kemitraan ini tetap terjaga dengan baik kedepannya.

Kabag Humas dan Protokol menambahkan, Bagian Humas dan Protokol melaksanakan analisis berita terhadap berita yang di muat di media masa. Ada dua kategori berita yang dianalisis, yakni berita positif dan berita negatif. Hasil analisis ini pun sudah dilaporkan ke Bupati untuk menjadi bahan evaluasi guna perbaikan pembangunan KSB kedepannya.

Asisten Administrasi Umum dan Aparatur Setda KSB, Ir. Irhas R. Rayes, M.Si yang membuka kegiatan mengatakan, pemberitaan selama ini cukup menyejukkan baik di media cetak maupun elektronik. Peran media memang besar untuk memberitakan program dan capaian kerja Pemda. Masyarakat berhak untuk tahu kegiatan Pemda melalui media massa. Akan tetapi ada catatan terkait pemberitaan, yakni bagaimana kedepannya rekan-rekan wartawan lebih kuat dalam cek and ricek, yakni memastikan narasumbernya yang dijadikan rujukan merupakan narasumber berkompeten, data dan informasinya faktual. Dengan demikian berita yang disajikan kepada publik selain aktual juga faktual.

Jika pun pemberitaan yang sedikit miring, lanjut Irhas, bisa diklarifikasi dengan hak jawab atau pemberitaan klarifikasi, namun ada kemungkinan masyarakat yang sudah terlanjur terpapar dengan pemberitaan sebelumnya tidak membaca klarifikasi tersebut. Bukan berarti Pemda ingin membatasi hak wartawan, tetapi harus diingat hak seseorang dibatasi oleh hak orang lain, artinya tidak ada hak yang bebas. 

‘’Dengan pertemuan ini diharapkan hubungan Pemda dan wartawan semakin baik, media semakin  bersemangat membantu Pemda dalam memberitakan program-program yang ada,” imbuh Irhas.

Wartawan media online Kabar NTB, Khairil W. Zakariah dalam kesempatan itu mengatakan,  kemitraan dan kerjasama media dengan Bagian Humas & Protokol tahun 2018 sudah berjalan dengan baik. Kedepan diharapkan kerjasama akan semakin baik. “Kami menilai semuanya sudah baik dan kami berharap kedepan lebih baik lagi,” katanya.

Wartawan koran sumbawa barat post Imam Taufik juga mengusulkan agar kedepannya ada dukungan sarana transportasi dalam melakukan peliputan kegiatan dan agenda pemda.

(Bagian Humas/ Ibrahim)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.