ASN Pendamping Dijanjikan Hadiah Oleh Bupati

Sebanyak 193 Aparatur Sipil Negara (ASN) Pendamping dalam rapat bersama ASN Pendamping di Gedung Garaha Fitrah
Sumbawa Barat - Sebanyak 193 Aparatur Sipil Negara (ASN) Pendamping pada kelompok masyarakat (Pokmas) Plus rehabilitasi dan rekonstrusi rumah gempa dijanjikan hadiah. 

Janji tersebut disampaikan Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M dalam rapat bersama ASN Pendamping di Gedung Garaha Fitrah, Senin pagi (4/03). Syaratnya mereka harus mensukseskan lima program Pemerintah KSB. 

‘’Kita siapkan hadiah, juara satu 50 juta. Tapi kalau tidak mau uang, jika memungkinkan kita akan naikkan eselonnya, dari eselon empat ke eselon tiga, dari eselon tiga ke eselon dua,” kata Bupati.

Dijelaskan Bupati, tugas pokok ASN Pendamping adalah mendampingi Agen Gotong Royong, yakni menyusun laporan dan menyemangati warga korban gempa membangun dan memperbaiki rumahnya. 

Tugas tambahan ASN Pendamping adalah mengkampanyekan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dengan lima pilar yang ada. Ketiga, penyuluhan penambangan tanpa izin atau bahaya penggunaan mercuri. Keempat, mengajak masyarakat memanfaatkan pekarangan dengan menanam sayur dan buah. Kelima mengidentifikasi atau mendata keluarga miskin. 

‘’Dua bulan saja, sampai April, nanti uang operasionalnya ada, endingnya rumah warga di wilayah kerja ASN dipasang stiker, rehab rekon selesai, tuntas STBM, bebas mercury/PETI, pemanfaatan pekarangan dan pendataan fakir miskin,” jelas Bupat.

Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Mustofa, S.I.K., M.H mengatakan, penanganan rumah korban gempa di KSB adalah terbaik di antara tujuh Kabupaten/Kota di NTB. Pertemuan ASN Pendamping seperti ini juga hanya terjadi di KSB. Untuk kelancaran di lapangan anggota Bhabinkamtibmas siap membantu. Manfaatkan mereka, jika ada yang kurang maksimal, maka laporkan saja. 

Dandim 1628/Sumbawa Barat, Letkol Czi. Eddy Oswaronto, S.T mengatakan, tugas percepatan rehab rekon rumah korban gempa menjadi perintah TNI di pusat. Di KSB, ada tambahan tenaga dari Bataliyon Zeni Tempur Malang. Karenanya, sebagai tuan rumah, ASN Pendamping juga harus lebih semangat. Bersama-sama agen PDPGR, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Masyarakat dan Zeni Tempur kompak membangun dan memperbaiki rumah korban gempa.



(Ibrahim)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.