Hari Pertama Operasi Keselamatan Gatarin 2019, 211 Pengendara Ditilang

SUMBAWA BARAT - Satuan Lalu lintas Polres Sumbawa Barat mengelar operasi keselamatan gatarin 2019 di gelar secara serentak se Indonesia selama 14 hari dari tanggal 29 April sampai 12 Mei 2019 di Kabupaten Sumbawa Barat.

Satuan lalu lintas pada saat melakukan razia akan mengedepankan tindakan pre-emtive dan preventif yang dilakukan kepada pengendara. Ada sebanyak ratusan pengendara yang mendapatkan teguran di hari pertama operasi.

"Pelanggar dari sepeda motor ada 130, untuk mobil penumpang ada 46 dan mobil barang sebanyak 35 unit," tutur Kasat Lantas Polres Sumbawa Barat IPTU Putu Gede Caka S. Ik saat ditemukan di lapangan.

Ia juga mengatakan operasi keselamatan gatarin 2019 akan mensasar pengendara yang menggunakan ponsel pada saat berkendara.

Menurut Caka sejumlah teguran itu juga meliputi penggunaan ponsel yang dinilai membahayakan pengendara lain, termasuk juga adanya pengemudi yang kurang awas dengan rambu lalu lintas dan marka jalan.

Untuk pengemudi mobil yang di tindak yaitu yang tidak menggunakan sabuk keselamatan sebanyak 25, Caka menambahkan, sosialisasi dan kampanye keselamatan berlalu lintas memang juga dalam bentuk teguran.

Meski begitu, petugas tidak mengesampingkan penindakan berupa tilang dalam operasi Keselamatan Gatarin 2019 ini, sementara untuk pengendara yang ditilang ada 20 pengendara," kata Caka.

Penilangan untuk pengendara motor dan mobil jelas diawali dengan pengecekan kasat mata petugas di lapangan. Setelah itu, surat kelengkapan berkendara akan diminta untuk diperlihatkan. "Jenis pelanggaran pengendara motor itu di antaranya tidak menggunakan helm , berboncengan lebih dari satu orang, tidak menyalakan lampu utama dan surat-surat kelengkapan kendaraan," ujar Caka.

Ditempat terpisah satuan lalu lintas Sumbawa Barat juga melaksanakan kegiatan pelayanan samsat keliling dengan bertema simpatik hari kartini yang mengedepankan anggota polwan dan anggota dispenda wanita untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang akan membayar wajib pajak, tidak lupa kami juga memberikan rewards kepada masyarakat yg taat pajak dengan membagi coklat kepada masyarakat. (Ibrahim)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.