Mitos Mata Air Timbak Gewar, Desa Senanggalih Sambelia Lombok Timur

LOMBOK TIMUR - Beberapa waktu yang lalu, salah satu desa di kabupaten Lombok Timur yaitu Desa Senanggalih dinobatkan sebagai desa wisata anggur yang diresmikan langsung oleh Wakil Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah.

Namun, ada hal tersebunyi selain anggurnya yang melimpah, hal tersebut adalah mata air yang berada di desa tersebut. Mata Air Timbak Gewar namanya, bukan sembarang Mata Air, mata air tersebut dipercaya oleh masyarakat sekitar bisa mendatangkan jodoh, murah rezeki, membawa keberuntungan dan lainnya tergantung pada keinginan pengunjung yang kesana.

"Zaman dahulu mata air ini dimanfaatkan oleh orqng tua kita untuk kehifupan sehari-hari namun anehnya mata air ini todak pernah berkurang volumenya walaupun musim kering," ungkap H.M.Suparlan selaku Kepala Desa.

Mata air Timbak Gewar ini menjadi salah satu spot destinasi wisata yang belum terjamah oleh maayarakat maupun pemerintah.

"Mata air ini sudah ada sejak zaman dahulu, kepercayaan masyarakat pada Mata Air ini sangat kental dan bahkan banyak yang sudah terbukti," ungkap Suhardi selaku mangku Mata Air Timbak Gewar.

Mata Air Timbak Gewar ini berada di tengah hutan Desa Senanggalih, untuk jalan ke mata air tersebut, orang-orang melewati hutan yang cukup rimbun dan indah disertai fauna berupa kera-kera yang berkeliaran di hutan tersebut.

Desa Senanggalih berharap pemerintah kabupaten maupun provinsi dapat berperan aktif untuk memajukan pariwisata di Desa Senanggalih ini. (Cand)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.