Tim Gabungan Cek Kesehatan ABK Dan Sopir

SUMBAWA BARAT - Dalam pelaksanaan operasi pihak terkait mengecek Pos Yan Operasi ketupat gatarin 2019, pada Jum,at (31/5) tim tersebut terdiri dari Satresnarkoba, Satlantas beserta gabungan dari BNNK KSB dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa Barat di pelabuhan penyebrangan Poto Tano.

Saat pemeriksaan tim melakukan tes urine kepada ABK kapal dan para sopir angkutan kendaraan arus mudik di pelabuhan Poto Tano baik itu kendaraan Roda empat dan Roda enam.

Tujuan dari kegiatan ini agar para sopir terbebas dari Penyalahgunaan Narkoba, sehingga para sopir yang membawa penumpang arus mudik keselamatan terjaga sampai tujuan," jelas Kapolres Sumbawa Barat AKBP. Mustofa, S. Ik., MH melalui Kasat Lantas IPTU. Putu Gede Caka, S. Ik.

"Dalam kegiatan operasi pekat gatarin 2019 dari hasil pemeriksaan urine kepada para ABK kapal dan sopir yang diikuti 11 orang ternyata pemeriksaan kepada semuanya negatif," terangnya.

Ia mengatakan satu persatu sopir angkutan penumpang diturunkan untuk diperiksa urine dan kelengkapan surat menyurat kendaraan di Pos Pam KP3 Tano.

Pemeriksaan dilakukan berkaitan dengan kegiatan operasi ketupat 2019 yang dipimpin oleh Kasat Lantas bersama tim gabungan terdiri dari Sat Lantas, Sat narkoba, Urkes Polres Sumbawa Barat dan Dinas Perhubungan Kabupaten Sumbawa Barat.

"Para sopir langsung didata identitas dirinya, dicatat dan air seninya diperiksa untuk diketahui apakah yang bersangkutan terindikasi menggunakan narkoba atau tidak," tuturnya.

Lanjut Caka, pihak satuan lalu lintas Polres Sumbawa Barat mengecek kelengkapan surat menyurat dan laik jalan sementara pihak dinas perhubungan melakukan pengecekan langsung surat KIR dan kelengkapan kendaraan seperti sabuk pengaman, pengganjal dan lainnya.

Dia juga menuturkan kegiatan yang dilakukan adalah berkaitan dengan operasi ketupat 2019 untuk memberikan keselamatan dan keamanan para pemudik yang berlebaran dikampung halaman.

Jadi kita lakukan untuk tes urin sopirnya dan mengecek kondisi kendaraan surat, Ketidak lengkapan surat menyurat kita berikan tindakan kalau berat maka akan dilakukan penilangan sesuai dengan aturan yang berlaku, “katanya.

Dalam tes urine yang dilakukan oleh BNN tidak ditemukan indikasi para sopir menggunakan narkoba. Selain itu Satlantas juga bekerjasama dengan pihak dinas kesehatan dan jasa raharja untuk melaksanakan pengobatan gratis terhadap para sopir maupun penumpang yang melaksanakan mudik dengan bertujuan mengurangi angka kecelakaan dikarenakan supir kelelahan. (Ibrahim)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.