Bupati Harapkan Masyarakat Dukung Kehadiran Smelter

SUMBAWA BARAT - Dalam acara diskusi dan sosialisasi pembelian lahan fasilitas pada lokasi rencana pembangunan Smelter, Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M mengharapkan masyarakat untuk mendukung kehadiran Smelter di KSB.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Kantor Camat Maluk, pada Kamis pagi (18/07) yang di hadiri warga, Bupati mengatakan, kegiatan ini penting untuk membangun persepsi yang sama terkait kehadiran industri pengolahan dan pemurnian hasil tambang (Smelter) milik PT. AMNT dan industri turunannya.

Potensi alam KSB khususnya pertambangan kian berkurang. Yang terpenting saat ini dipikirkan adalah kehadiran hilirisasi industri di KSB yakni smelter. Lahirnya smelter nantinya akan diikuti dengan kehadiran industri turunan seperti industri pupuk, semen dan lainnya.

‘’Saya berharap bantuan saudara-saudara agar bijak dalam menyikapi hal ini, dukung kehadiran Smelter untuk kepentingan kita semua, untuk meninggalkan harapan yang lebih baik bagi anak-kita di masa mendatang. Kita ajak saudara, tetangga kita menerima kehadiran smelter,” kata Bupati yang juga pengarah tim percepatan pembangunan industri Smelter dan industri turunannya di KSB-NTB.

Bupati juga berharap, tidak ada konflik dari pembelian lahan dan fasilitas untuk pembagunan smelter. Sebab, jika terjadi maka akan merusak kondusifitas yang juga merusak iklim investasi. Saat ini dari 850 Ha kebutuhan lahan pembagunan smelter, 300 Ha sudah dibebaskan. Sisanya masih dalam proses penilaian tim appraisal.

Tim appraisal akan menilai lahan dan fasilitas warga seprofesional mungkin tanpa merugikan warga. Namun warga jangan sampai enggan melepas lahan dan fasilitasnnya dengan menetapkan harga yang terlampau tinggi.

Kapolres Sumbawa Barat AKBP Mustofa, S.I.K., M.H mengajak masyarakat untuk menerima kehadiran Smelter karena kehadiran Smelter akan mendukung peningkatan ekonomi di KSB kedepannya. Polres dan jajaran akan terus menjaga keamanan guna mewujudkan hadirnya Smelter.

Masyarakat pun diharapkan dukungannya untuk mendukung hal tersebut. Hal tersebut juga dikatan Dandim 1628/Sumbawa Barat Letkol Czi Eddy Oswaronto. Sementara itu, salah satu warga Iskandar mengatakan, pada dasarnya warga sangat mendukung kehadiran smelter. Tetapi yang menjadi fokus adalah, pembelian lahan dan fasilitas warga jangan sampai merugikan warga. (Ibrahim/humas)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.