Penanggak Road Hill, Wisata Lari Lintasi Bukit di Lombok Barat

LOMBOK BARAT - Sport tourism atau wisata olahraga sedang naik pamor belakangan ini. Salah satu sport tourism yang sedang naik daun adalah wisata lari.

Tidak sedikit lomba lari sambil berwisata digelar di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di Lombok. Salah satunya Penanggak Road Hill 10K. Acara ini sekaligus memperkenalkan keindahan bukit Penanggak yang berada di Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat.

Penanggak Road Hill 10K merupakan lomba lari yang digelar Runjani, salah satu komunitas pecinta lari di Lombok. Selain mempromosikan potensi wisata di Lombok Barat, kegiatan ini digelar untuk memeriahkan hari jadi Runjani yang saat ini berusia tiga tahun.

Kegiatan ini mendapat apresiasi tingi dari Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid. Selain sebagai ajang menjaga kesehatan, bupati berharap event ini bisa memberi sinyal kepada dunia luar bahwa Lombok sudah kembali aman terutama di Lombok Barat.

"Semoga event ini bisa memancing masyarakat untuk mencintai olahraga. Di samping itu dengan adanya event semacam ini saya berharap bisa membantu untuk meyakinkan dunia luar bahwa Lombok sudah kembali aman," jelas Fauzan sesaat sebelum melepas peserta di Kantor Camat Batulayar, Minggu (21/7).

Sekitar pukul 06.00 Wita, 200 peserta kemudian dilepas bupati. Dalam event ini, para peserta melintasi bukit dengan ketinggian 400 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Pemilihan Bukit Penanggak sebagai lokasi kegiatan diakui pihak panitia selain menyuguhkan pemandangan yang indah, juga menghadirkan lintasan yang menantang.

"Bukit Penanggak dipilih karena belum banyak yang tau. Karena itu teman-teman komunitas Runjani sepakat untuk mempromosikan bukit yang banyak menyimpan keindahan alam dan masih berada di wilayah wisata andalan Lombok Barat ini," kata Imam Ahmad Askalani selaku panitia.

Menikmati keindahan alam sambil olah raga pasti punya sensasi sendiri. Selain membuat tubuh sehat, pikiran juga menjadi tenang melihat pemandangan indah yang menyejukkan mata. Hal itu diakui salah seorang peserta, Alexander usai menyentuh garis finish.

"Ini event lari saya yang ke-10, dan ini salah satu yang paling menantang sekaligus menyenangkan", tutur peserta asal Sweta Mataram itu.

Selain medali yang tentunya menjadi kebanggaan setiap finisher, hadiah berupa uang tunai sebesar 1,5 juta diberikan untuk juara pertama, 1 juta untuk juara ke-2 dan 750 ribu untuk juara ke-3. (LNG02)

0 Response to "Penanggak Road Hill, Wisata Lari Lintasi Bukit di Lombok Barat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel