Bupati Kukuhkan Paskibra Kabupaten Lobar

LOMBOK BARAT – Perasaan haru tampak saat satu per satu anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Lombok Barat mencium bendera pusaka. Diiringi lagu Syukur dan lantunan syair puisi, 45 orang Paskibraka mencium bendera pada Upacara HUT ke-74 RI. Rasa haru bercampur semangat semakin tampak saat prosesi pengukuhan dimulai.

Membacakan kata-kata pengukuhan, Bupati H. Fauzan Khalid menegaskan, bahwa menjadi Paskibraka harus tertanam niat tulus serta tekad yang kuat, dan harus memiliki tanggung jawab sehingga tugas sebagai Paskibraka berjalan dengan baik.

"Bismmilah hirahmanirrahim, Pasukan Pengibar Bendera Kabupaten Lombom Barat Tahun 2019, dengan ini saya kukuhkan. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa melindungi anak-anakku sekalian dalam menjalankan tugas," ujar bupati saat mengukuhkan 45 orang anggota Paskibraka di Bencingah Agung Kantor Bupati Lombok Barat pada Kamis Malam, (15/8).

"Sebagai warga negara, anak-anakku harus senantiasa berkorban demi bangsa dan negara, serta senantiasa menjadi contoh dan taulafan bagi anggota masyarakat lainya," tambah bupati.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyematan pin oleh Bupati H. Fauzan Khalid kepada perwakilan Paskibraka tahun 2019. Diawali oleh Baiq Rukma dari SMA 1 Gerung dan Wayan dari SMA 1 Narmada yang nantinya bertugas sebagai pembawa bendera merah putih pada upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan yang akan digelar di Lapangan Kantor Bupati esok.

Raka Anggara, anggota Satuan Polisi Pamong Praja Lombok Barat yang juga merupakan salah satu pelatih para Paskibraka menjelaskan, para anggota Paskibraka tahun 2019 ini sebelumnya telah melalui peroses seleksi yang cukup ketat. Seleksi pertama dilakukan di sekolah masing-masing, kemudian tingkat kecamatan dan terakhir di tingkat kabupaten. Dari seleksi itu terpilih 45 orang terbaik, dan selanjutnya dibina dan dilatih selama dua bulan. Para anggota nantinya akan menampilkan formasi membentuk angka 74. Sesuai dengan usia kemerdekaan Republik Indonesia.

"Kita harapkan adik-adik ini nanti bisa menyelesaikan tugas dengan baik sesuai latihan yang telah diberikan oleh para pelatih. Kemudian kesalahan tidak terjadi, karena ini membawa nama baik dia, keluarga dan sekolah mereka," katanya.

Turut hadir pada pengukuhan tersebut diantaranya Asisten I Setda Lombok Barat H. M. Ilham, Asisten II Hj. Lale Prayatni, Kepala Perangkat Daerah Lombok Barat, anggota Forkopimda Lombok Barat, serta para orang tua anggota Paskibraka yang dikukuhkan.
LNG02

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.