Paripurna Perdana, Pimpinan Sementara DPRD KSB Langsung Bentuk Fraksi

Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa Barat Saat Rapat Paripurna Pembentukan Fraksi dan Panja
Sumbawa Barat - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumbawa Barat, pada rapat paripurna perdananya, pimpinan sementara DPRD telah melaksanakan rapat pembentukan fraksi dan panitia kerja DPRD.

Hadir dalam acara itu, Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifuddin, ST, Dandim 1628/ Sumbawa Barat, Letkol CZI. Eddy Oswaronto, ST, Wakapolres Sumbawa Barat, Sekretaris Daerah, Kepala OPD, Camat, Kepala Desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan perempuan.

Ketua Sementara DPRD KSB, Kaharuddin Umar mengatakan bahwa rapat kali ini merupakan rapat paripurna dewan yang pertama setelah pelantikan. 

Ia menjelaskan pada paripurna dewan kali ini akan membentuk fraksi. Fraksi tersebut sebagai wadah berhimpun anggota DPRD serta pembentukan panitia kerja tata tertib DPRD dan panitia kerja kalender kerja dewan.

Sekretaris DPRD KSB, Agus Adnan, S. Pd membacakan surat keputusan DPRD nomor 10/Kep.DPRD/VIII/2019 tentang pembentukan Fraksi anggota DPRD Kabupaten Sumbawa Barat. 

Ia menuturkan Fraksi DPRD dibentuk paling lama satu bulan setelah pelantikan dan dilaporkan ke pimpinan DPRD untuk ditetapkan pada rapat Paripurna. Dalam fraksi nanti akan memaksimalkan fungsi DPRD serta di sana ada di atur hak dan kewajiban DPRD maka perlu di bentuk Fraksi DPRD.

Sebelumnya, telah dilakukan rapat internal DPRD pada 21 Agustus 2019 tentang pembentukan Fraksi DPRD Kabupaten Sumbawa Barat. Maka pada Senin, (26/8) ditetapkan dan diputuskan pembentukan fraksi DPRD KSB dengan daftar nama dan struktur keanggotaan fraksi.

Tambah Agus King sapaan akrab pejabat ini menambahkan bahwa perpindahan keanggotaan dalam fraksi gabungan dapat dilakukan paling singkat 2 tahun 6 bulan dengan ketentuan fraksi gabungan sebelumnya tetap memenuhi persyaratan sebagai fraksi.

Dia juga sekaligus membacakan lampiran keputusan DPRD tentang Fraksi yang dibentuk yakni Fraksi PDI Perjuangan dengan Ketua Hasanuddin, Muhammad Hatta wakil ketua, Nurjannah Sekretaris, Kaharuddin Umar, Muhammad Saleh, SE, Muhammad Yamin dan H. Riadi, SE.

Fraksi PKS dengan Ketua Taufikurrahman, Sekretaris Baharung dan Abidin Nasar, SP.,MP.

Fraksi Nasdem, bintang pembangunan, persatuan indonesia dengan Ketua Masadi, SE, Wakil Ketua Amiruddin, SE, Sekretaris Agusfian, SE, Aheruddin, SE., ME, Andi Laweng, SH., MH, Muhammad Nur, SH, Mustafa HZ dan Drs. Syafruddin, M. Si.

Fraksi Gerakan Demokrat Karya Bangsa dengan ketua Sudarli, S. Pd, Wakil ketua Abdul Haman, Sekretaris Ahmad, S. Ag, Mancawari, LM. S. IP, Ikhwansyah, Kondi Pranata dan Merliza, S. Sos.i., MM.

Setelah pembentukan fraksi langsung dibentuk panitia kerja tata tertib dan panitia kerja kalender kerja dewan selama batas waktu pimpinan sementara, setelah masa pimpinan sementara berakhir maka panitia kerja berakhir, " pungkasnya. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.