UNRAM Gelar Pelatihan Praktek Bekam

Beberapa Warga Seteluk Saat Menghadiri Acara Bekam
Sumbawa Barat - Sebagai bagian dari Program pengabdian kepada masyarakat di Tahun 2019, Universitas Mataram yang diwakili oleh dosen Program Studi Sosiologi yakni Dr. Taufiq Ramdani, S.Th.I., M.Sos beberapa waktu yang lalu mengadakan kegiatan praktek membekam. 

Kegiatan ini dilangsungkan di Masjid Desa Seteluk Tengah Kecamatan Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat dengan menghadirkan instruktur bekam yang handal dan sudah berpengalaman menangani banyak pasien bekam yaitu Ustadz Iwan Indrayana yang juga merupakan warga Seteluk sekaligus PNS Pemerintah Daerah Sumbawa Barat. 

Kegiatan pelatihan praktek membekam ini diikuti oleh kurang lebih 30 orang. Menurut Dr. Taufiq diharapkan nanti dari mereka yang telah mengikuti kegiatan ini, semoga nanti mulai bermunculan penyedia jasa membekam yang dekat dengan domisili masyarakat, sehingga secara tidak langsung kegiatan seperti ini akan memberi nilai yang positif bagi peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

Tentunya, dalam jangka panjang juga akan menjadi solusi atas hadirnya profesi yang tidak saja bermuatan ekonomi. Namun, juga bermuatan sosial dan keagamaan. Sebab, menurut Dr.Taufiq Ramdani praktek membekam tidak saja imbal-jasanya berjiwa sosial (karena sering dibayar seikhlasnya), namun juga bernilai spiritual keislaman atau ibadah sebab bekam merupakan teknik pengobatan yang dipraktekkan oleh Rasululllah Muhammad SAW (Sunnah). 

Atas dasar itulah, kegiatan ini diberi tema “Praktek Membekam Sebagai Pembinaan Keterampilan Bermuatan Sosial, Ekonomi, dan Keagamaan bagi Pria Usia Produktif. 

Selain diikuti oleh 30 orang peserta, kegiatan pelatihan ini juga bersifat gratis dan praktis, disebut praktis karena peserta dalam jangka waktu yang tidak terlampau lama bisa memiliki keterampilan membekam, sebab kegiatan pelatihan ini diformulasi dengan praktek secara langsung yang mana praktek merupakan 75% isi kegiatan, sementara teori 25% yang itupun disampaikan secara on-going (bersamaan) dengan praktek. 

Selain melibatkan instruktur bekam berpengalaman, penyelenggara kegiatan juga dibantu oleh beberapa orang anggota Forum Aktivis Masjid Seteluk. 
Dr.Taufiq Ramdani mewakili Universitas Mataram berharap kedepan kegiatan-kegiatan seperti ini akan terus berlanjut dalam upaya untuk terus meningkatkan keterampilan masyarakat yang tidak saja bernilai ekonomis bagi keluarga namun juga bermuatan sosial serta spiritual. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.