Untuk Hadapi UNBK, AMMAN MINERAL Lakukan Peningkatan Kapasitas Guru Dan Siswa Di 3 Kecamatan

PT Amman Mineral Saat Memberikan Pelatihan dan Pemantapan Ke Sekolah
Sumbawa Barat - PT Amman Mineral Nusa Tenggara bekerja sama dengan SMU, MA dan SMK  dalam memberikan pelatihan pemantapan materi dan bedah SKL kepada guru dan siswa, dalam rangka persiapan menghadapi ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di sekolah yang ada di tiga Kecamatan sekitar tambang yang akan berlangsung selama 3 hari di SMK Maluk. 

Sekolah-sekolah tersebut yakni SMA, MA dan SMK se Kecamatan Jereweh, Maluk dan Sekongkang yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat tahun pelajaran 2019/2020.

Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB dengan PT Amman Mineral Nusa Tenggara dalam meningkatkan kapasitas guru untuk membantu para siswa kelas 3 SMU/MA/SMK mempersiapkan diri dalam menghadapi Ujian Akhir dan seleksi masuk Perguruan Tinggi.

Kadispora NTB yang diwakili oleh Hamdon, S.Pd, M.M selaku Kepala KCD Dikbud KSB meyampaikan apresiasi kepada Amman Mineral Nusa Tenggara yang telah memfasilitasi kegiatan peningkatan kapasitas guru dan siswa di Sumbawa Barat melalui Program Bimbingan Belajar (BIMBEL) ini. 

Dia berharap melalui program ini, bisa meningkatkan kualitas guru dan para siswa. Sehingga, mereka dapat bersaing dengan daerah lain baik ditingkat lokal maupun di tingkat nasional.

Ia mengatakan untuk pelaksanaan UNBK, SMA dan MA akan dilaksanakan pada tanggal 30 Maret sampai 2 April 2020 selama 4 hari. Sementara untuk SMK belum keluar tanggal pelaksanaan Ujian Nasionalnya.

Dia mengungkapkan, ada 3 masalah secara nasional terhadap UNBK ini, sehingga UNBK tersebut tidak bisa dilaksanakan dengan baik. Pertama, peralatan yang terbatas, di KSB sendiri sudah 95 persen terpenuhi, kedua akses internet yang belum merata dan ketiga kondisi geografis.

Anis Mujahid Akbar, Senior Manager Social Responsibility & Long Term Planning AMNT menuturkan, Program ini merupakan salah satu bentuk program tanggung jawab sosial perusahaan di bidang pendidikan yang bekerja sama dengan SMA dan SMK yang ada di sekitar tambang. 

Program bimbingan belajar ini dimaksudkan untuk membantu para siswa kelas 3 SMA/MA/SMK untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam menghadapi Ujian Akhir dan seleksi masuk perguruan tinggi.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan bahwa program ini dimulai dengan pelatihan guru dalam membuat materi soal-soal ujian, untuk bidang studi yang diujikan dalam Ujian Nasional dengan bimbingan pakar-pakar dimasing-masing bidang studi, yang kemudian diterapkan dalam bimbingan belajar bagi para siswa kelas 3 di sekolah masing-masing.

Ia berharap, semoga kerjasama dalam kegiatan ini dapat bermanfaat bagi peningkatan kapasitas guru dan siswa yang pada akhirnya, akan memberikan dampak positif terhadap pencapaian siswa dalam Ujian Nasional dan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi.

Di tempat yang sama, Dr. Rudy Susilana, M.Si selaku ketua tim pengembang kurikulum dan sekaligus Wakil Dekan bidang akademik di Fakultas Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Kordinator Tim pelatihan Pemantapan Materi dan Bedah SKL mengungkapkan Kegiatan bimbingan selama 3 hari dirasakan cukup karena soal yang diajarkan focus pada soal-soal dianggap sulit. Menggunakan prosedur pre test dan post test untuk mengukur dan mengevaluasi dari sebelum dan sesudah mendapat bimbingan.

Perlu diketahui bahwa saat ini, BNSP membuka peluang soal-soal ujian dibuat oleh guru, artinya nanti kalau guru bisa membuat soal yang berkwalitas, jangan jangan nanti yang terpilih berasal dari sini, asal yang penting tadi mengikuti aturan kita akan bimbingan selama tiga hari dan nanti kita bisa mengusulkan ke BNSP melalui online,” katanya, Kamis, (10/10).

Dia berharap para guru yang sudah mendapat bimbingan nantinya dapat membimbing siswa-siswi ketika menghadapi soal UNBK serta masuk perguruan Tinggi ternama.  

Setelah bimbingan belajar ini selesai, Kalau ada dari teman guru yang mau meningkat kualifikasi gurunya, kami di UPI menyediakan 52 program studi untuk Pascasarjana. Sementara untuk siswa yang mau lanjut kuliah, pihaknya sudah membuka 152 program studi untuk anak-anak kuliah, seperti tekhnik, sosial, ekonomi, pendidikan, seni, sains dan masih banyak lagi.

Tim pembimbing para guru SMA, MA dan SMK ini, merupakan narasumber dan fasilitator pelatihan pemantapan materi dan bedah SKL ternama yakni Dr. Rudy Susilana, M.Si selaku ketua tim, Dr. Cepi Riyana, M. Pd bidang studi ICT, Dr. Afi Fadillah, M. Hum, bidang studi Bahasa Indonesia, Drs. Acef Syarif Hidayat, M. Si bidang Matematika, Dr. Wawan Wahyu bidang Kimia, Dr. Rini Sholihat, M. Si bidang Biologi, Dr. Muslimin, M. Pd bidang Fisika, Dr. Ika Putera Waspada, MM bidang Ekonomi, Dr. Wilodati, M. Si bidang Sosiologi, Dr. Ahmad Yani, M. Si bidang Geografi, Dr. Fazri Nur Yusuf, M. Pd bidang Bahasa Inggris dan Dr. Herlina, M. Pd bidang Psikolog. (LNG05)

0 Response to "Untuk Hadapi UNBK, AMMAN MINERAL Lakukan Peningkatan Kapasitas Guru Dan Siswa Di 3 Kecamatan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel