Dikes Temukan 9 Kasus HIV Aids Di KSB

Kepala Bidang pencegahan dan pengendalian penyakit (P2P), H. M. Yusfi Khalid SKM
Sumbawa Barat - HIV merupakan singkatan dari “Human Immunodeficiency Virus”. Virus ini merupakan virus yang dapat menyebabkan AIDS. Jika anda terinfeksi HIV, anda akan dikatakan sebagai HIV positif.

HIV menyerang sistem kekebalan tubuh, yang mana adalah pertahanan tubuh terhadap penyakit. Jika sistem kekebalan tubuh seseorang telah dirusak oleh virus, maka akan mengembangkan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome). Ini berarti mereka akan mendapatkan infeksi dan penyakit yang mana tubuh mereka biasanya bisa melawan.
Berdasarkan itu Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa Barat telah mendata bahwa masyarakat KSB yang sudah terkena penyakit HIV AIDS adalah sebanyak 9 orang yang tersebar di 8 Kecamatan.
Kepala Bidang pencegahan dan pengendalian penyakit (P2P) H. M. Yusfi Khalid, SKM mengatakan bahwa tim dari Dikes dan dibantu puskesmas telah mendata para pekerja hiburan malam.
Ia juga menjelaskan, pihaknya sudah menjadwal rutin selama 3 bulan sekali untuk memeriksa para PSK dengan cara mengambil darah sambil di edukasi.
Setelah ketemu yang positif HIV AIDS barulah Dinas dan Puskesmas akan mengedukasi dan membimbing agar penyakit ini berkurang. 
"Sampai dengan September 2019 kasus HIV Aids sudah mencapai orang 9 orang di KSB," jelasnya, Rabu (13/11).
Lanjut Yusfi Khalid mengungkapkan bahwa bagi penderita HIV Aids datanya nanti di rahasiakan agar orang tersebut bisa beraktifitas seperti biasa.
Dia berharap agar kasus HIV Aids di KSB bisa berkurang untuk kedepannya. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.