Peringatan Hari Pahlawan Ke 74, Diharapkan Semuanya Menjadi Pahlawan Masa Kini

Bupati dan Forkopimda Menghadiri Hari Pahlawan 2019
Sumbawa Barat - Bertempat di Lapangan Graha Fitrah Jln. Sukarno Hatta Kompleks KTC Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat telah laksanakan kegiatan upacara peringatan hari Pahlawan ke 74 yang dirangkaikan dengan Hari Kesehatan Nasional.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Sumbawa Barat Dr Ir H W Musyafirin MM, Ketua DPRD Sumbawa Barat Kaharudin Umar, Dandim 1628/SB diwakili oleh Kasdim 1628/SB SB Mayor Inf Achmad Nurodin Hidayat S.Sos, Kapolres Sumbawa Barat AKBP Mustofa S Ik, MH, Kajari Sumbawa Barat Nusirwan Sahrul SH, MH, Sekda KSB H. Abdul Azis SH MH, Para Asisten Pemda Sumbawa Barat.

Adapula Para Kadis, Kabag dan Sekdis Pemda KSB, Para kabag, para Kasat dan Para KBO jajaran Polres Sumbawa Barat, Danramil 02/Sekongkang Kapten Cba Agus SH, Danramil 03/Seteluk Kapten Inf I Nyoman Madi, Pasi Terdim 1628/SB Kapten Inf Baidawi, Pjs Pasi Persdim 1628/SB Lettu Arh Saeful Jumardan, Danki Brimob Sekongkang IPTU Sulaiman, Danpos AL Benete Pelda Dedi RMT dan peserta upacara sekitar 500 orang

Adapun susunan pasukan upacara yang hadir yaitu 1 SSK I Ba/Ta tidak bersenjata, 1 SST Kodim 1628/SB, 1 SST Polres KSB, 1 SST Brimob KSB, SSK II Ba/Ta bersenjata, 1 SST Kodim 1628/SB, 1 SST Polres KSB,1 SST Brimob KSB, SSK III gabungan PNS Sipil, 1 SST Pol. PP KSB, 1 SST Dishub KSB, 1 SST BPBD, SSK IV gabungan PNS Sipil, 1 SST Damkar,1 SST Dinas kesehatan KSB dan 1 SST Mahasiswa.

Inspektur upacara dalam sambutannya mengatakan saat hari ini di seluruh pelosok tanah air dan perwakilan RI di Luar Negeri, kita dapat melaksanakan upacara bendera dan mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik untuk memperingati Hari Pahlawan 10 November 2019 dengan khidmat.

Ia juga menjelaskan, setiap hari pahlawan, kita diingatkan pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut pertempuran berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang kekuasaannya kembali ke pangkuan Indonesia dan rakyat merdeka serta bersatu padu, ingin menancapkan agar Indonesia merdeka.

Dengan peringatan hari pahlawan  diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan pahlawan, sebagaimana para ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno.

Selain itu peringatan hari pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak- anak bangsa untuk menjadi Pahlawan Masa Kini, sebagaimana Peringatan "Hari Pahlawan Tahun 2019 yaitu Pahlawan Masa Kini", Minggu (10/11).

Lanjut Inspektur, menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun, dalam bentuk aksi aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan semua.

Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, jiwa dan harta. bukan hanya itu, pahlawan yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi kita juga bisa, dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, berjuang untuk kemaslahatan masyarakat dan membawa harum nama bangsa di mata Internasional.

"Peringatan Hari Pahlawan kiranya dapat meningkatkan kita agar mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat," jelasnya.

Ia menuturkan, jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia. Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggungjawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. 

Juga jangan biarkan negeri kita terkoyak, saling menghasut dan berkonflik satu sama lain, Mari kita maknai Hari Pahlawan ini dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia Maju.

Dia meminta agar saudara sebangsa dan setanah air, Dalam Hari Pahlawan kiranya bukan hanya bersifat seremonial semata, tetapi dapat diisi dengan berbagai aktivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan. (LNG05)

0 Response to "Peringatan Hari Pahlawan Ke 74, Diharapkan Semuanya Menjadi Pahlawan Masa Kini"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel