Sebanyak 200 Petugas Sensus Akan Lakukan SP

Kepala BPS KSB, M. Ahyar
Sumbawa Barat - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumbawa Barat pada Tahun 2020 mendatang akan melakukan sensus penduduk di KSB.

Kegiatan itu bertujuan untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk.

Sensus penduduk 2020 merupakan sensus terbesar yang dilaksanakan BPS untuk mendata seluruh penduduk Indonesia setiap 10 Tahun sekali. SP2020 menjadi SP ketujuh yang dilaksanakan di Indonesia.

"SP2020 berbasis data dari Direktorat Jendral Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri. Metode SP2020 mengombinasikan pemutakhiran (update) data mandiri melalui website," jelas Kepala BPS KSB M. Ahyar.

Ia juga mengatakan saat ini pihaknya sedang memasang baliho dan backdroup sebagai sosialisasi ke masyarakat agar mereka mengetahui tentang sensus ini.

Sensus itu dilakukan Tahun 2020 mendatang, Namun tahap pertama nanti dilakukan pada bulan Februari dan Maret yakni melalui status online, Disana masyarakat bisa mengaktifkan kembali data pribadi di Dukcapil.

Tahap kedua nanti dilakukan pada bulan Juli, bagi masyarakat yang tidak mengaktifkan secara online dan tidak melibatkan diri maka akan dikunjungi.

Sensus ini dilakukan ke seluruh penduduk KSB, bagi yang tidak update atau terlibat akan dicatat dan didata ulang bulan Juli," tuturnya, Kamis (7/11).

Lanjut Ahyar, Sebelum acara dimulai nanti dilakukan pemetaan wilayah perrukun tetangga (RT) se KSB, Agar saat sensus bulan juli tidak ada yang terlewatkan.

Sambungnya, Bulan juli nanti barula dilibatkan tim sebanyak 200 orang, Tim ini nanti akan bekerja untuk mendata masyarakat pada tahap kedua, dengan melibatkan tim dari Desa setempat, sesuai sketsa peta yang tersebar di KSB.

Tim ini nanti akan melihat luas wilayah, tingkat kesulitan pendataan dan jumlah penduduk. (LNG05)

0 Response to "Sebanyak 200 Petugas Sensus Akan Lakukan SP"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel