Beri Semangat Ke Bumdes, 57 Bumdes Di KSB Akan Dilombakan


Lintas NTB
, Sumbawa Barat - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPM-Des) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) akan mengadakan lomba bagi badan usaha milik desa (Bumdes) yang ada di KSB agar tetap semangat dalam mengelola usahanya.

Lomba Bumdes bertujuan untuk melihat sejauh mana perkembangan Bumdes yang ada di desa-desa. Sehingga, hasil dari penilaian lomba, bisa dipetakan bumdes yang tumbuh, berkembang, maju dan mandiri.

"Dalam lomba Bumdes kali ini, ada dua penilaian yaitu, penilaian di tingkat Kecamatan dan Kabupaten," kata Sekretaris Dinas DPM-Des Slamet Riadi, S. Pi., M. Si kepada media ini, Rabu, (18/5/2022).

Ia juga menjelaskan, penilaian di tingkat Kecamatan dilakukan dengan beberapa indikator yaitu, pengisian form, kelembagaan, legalitas, usaha, pelaporan, permodalan dan dampak bagi perekonomian Desa.

Dari hasil lomba di Kecamatan, lanjut metta sapaan akrabnya mengatakan bahwa, dilakukan lagi lombanya ditingkat Kabupaten sebanyak 10 Bumdes. 10 Bumdes yang lolos di Kecamatan akan mempersentasikan makalah ditingkat Kabupaten, termasuk di dalamnya ada program kerja, target kedepan dan bagaimana memperoleh PADes. "Kami sudah membentuk tim, tim di Kecamatan ada Camat dan Kasi Pemberdayaan masing-masing Kecamatan, DPM-Des dan tenaga ahli (P3MD)," jelasnya.

Ia juga menuturkan, pelaksanaan lomba Bumdes akan dilaksanakan bulan Juni 2022 mendatang. Untuk diketahui, Bumdes di KSB sebanyak 57 yang reguler dan 1 Bumdes bersama. "Nanti, pemenang lomba bumdes akan diambil dari pemenang satu sampai tiga," pungkasnya. (LNG05)


0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.