Hepatitis Akut Mulai Merebak, Sekda KSB Minta Dikes Dan Dikbud Segera Ambil Tindakan Dini


Lintas NTB
, Sumbawa Barat - Merebaknya penyakit hepatitis akut yang misterius saat ini di tanah air, menarik perhatian Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat. Hal tersebut ditanggapi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Barat Amar Nurmansyah, ST.,M.Si. 

Dalam arahannya saat memimpin apel pagi, Rabu, (18/05/2022), Sekda menyampaikan bahwa hepatitis akut sekarang sudah mulai menggejala terutama di kota-kota besar. Ada yang mengatakan bahwa ini ada kaitannya dengan vaksin. Tetapi dari beberapa keterangan dari pihak kesehatan dapat disimpulkan yang walaupun belum dilakukan penelitian mendalam terhadap hal tersebut tidak ada kaitannya dengan vaksin.

Dari banyak kasus hepatitis akut menyerang pada anak-anak, dan ditularkan melalui makanan. Terhadap hal tersebut Sekda menghimbau kepada seluruh ASN agar dapat disampaikan pula kepada masyarakat. “ Kita sama-sama memiliki anak yang berumur 16 tahun ke bawah. Kita harus mepelajari tentang gejalanya, agar kita bisa mendeteksi lebih dini. Browsing di google, pelajari dan pahami agar kita bisa mengantisipasinya secara lebih dini," jelasnya.

“ Kepada Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa Barat agar segera melakukan sosiaslisasi. Berikan pemahaman kepada masyarakat tentang keberadaan gejala Hepatitis Akut tersebut. Sampaikan melalui media, pasang baliho dan lain-lainnya agar masyarakat paham.

“Jangan sampai kita baru sibuk bergerak ketika penyakit sudah mulai merebak ditengah masyarakat. Jangan tunggu masyarakat sakit, baru kita mulai. Dikes dan Dikbud harus segera mengambil tindakan," ungkap Sekda. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.