BPJS Kesehatan Terima Penghargaan Implementasi Sistem Non Cut Off Program JKN-KIS KSB


Lintas NTB
, Sumbawa Barat - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Bima mendapat penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) atas Implementasi Non Cut Off Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) Kabupaten Sumbawa Barat, Senin pagi, (20/6/2022) di Lapangan Graha Fitrah. 

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Kabupaten Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin, M.M kepada BPJS Kesehatan Cabang Bima atas dukungan dan kolaborasi optimal dengan pemerintah daerah, sehingga sistem Non Cut Off Program JKN-KIS di Kabupaten Sumbawa Barat dapat diimplementasikan. 

Sistem non cut off memungkinkan penduduk yang didaftarkan dalam program JKN-KIS oleh Pemda Kabupaten Sumbawa Barat mendapatkan akses pelayanan kesehatan segera setelah didaftarkan. Tanpa non cut off, penduduk yang didaftarkan akan aktif menjadi peserta JKN-KIS dan berhak mendapatkan pelayanan kesehatan pada bulan berikutnya. 

Dalam sambutannya, Bupati Kabupaten Sumbawa Barat menyampaikan bahwa, implementasi ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap jaminan kesehatan masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat yang lebih berkualitas, tentunya sebagai bentuk dukungan untuk keberlangsungan Program JKN-KIS. Kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan semakin besar tanpa mengenal waktu, kapan saja di mana saja, untuk itu dengan di implementasinya program ini, maka kebutuhan tersebut terpenuhi bagi masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat. 

“Pemerintah selalu berupaya memberikan yang terbaik untuk pelayanan kesehatan, program ini adalah wujud nyata kepedulian pemerintah demi memberikan layanan kesehatan yang lebih berkualitas bagi masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat," ujar Musyafirin. 

Kepala Dinas Kesehatan Sumbawa Barat Hj. Erna idawati yang turut hadir pada acara tersebut menyampaikan bahwa program JKN- KIS ini adalah implementasi program non cut of, bisa langsung aktif tidak perlu lagi menunggu bulan depan untuk aktif. "Non cut of sangat bermanfaat dan sangat membantu bagi yang sedang sakit, bisa langsung didaftarkan," kata Hj. Erna. 

Selain itu, dia juga menyampaikan manfaat yang dirasakan bagi masyarakat dengan adanya program ini akan sangat banyak keuntungannya. "Masyarakat tidak perlu mencari biaya lain, di rumah sakit bisa langsung terlayani. Kami dari Dinas Kesehatan sangat mengapresiasi implementasi program ini, program JKN-KIS ini sangat luar biasa, kami lega dan kami dari pemerintah daerah sangat senang sekali, karena masyarakat tidak akan kesulitan lagi," jelasnya. 

Untuk itu bagi masyarakat yang ingin kepesertaan JKN-KIS langsung aktif agar mempersiapkan diri, kemudian mendaftar diri ke BPJS dan bisa langsung diaktifkan dengan syarat data status kependudukannya harus sudah online. “Masyarakat tidak perlu lagi khawatir ketika sewaktu-waktu ingin memanfaatkan pelayanan kesehatan dan belum menjadi peserta JKN-KIS maka segera melaporkan diri di BPJS dengan surat rekomendasi dan dokumen kependudukan yang sudah online maka akan langsung aktif," tutur Hj.Erna. 

Ia berharap dengan implementasi non cut of dari BPJS Kesehatan, mari bersama-sama mendukung program pemerintah untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat. 

Dengan diterimanya penghargaan tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bima Tati Haryati Denawati yang disapa Dhena menyampaikan terima kasih atas apresiasi yang diberikan. Dhena juga menyampaikan bahwa sebagai badan hukum publik, BPJS Kesehatan juga senantiasa membangun sinergi dan kolaborasi dengan pemerintah daerah demi peningkatan kualitas layanan Program JKN-KIS. “Apresiasi kami yang setinggi-tingginya atas dukungan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat terhadap program JKN-KIS. Penghargaan ini adalah modal booster bagi BPJS Kesehatan untuk terus meningkatkan kualitas kemitraan dengan Pemda dan kualitas pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat,” ujar Dhena. 

Pemda KSB telah menunjukkan komitmen tinggi dalam memastikan tersedianya jaminan kesehatan bagi masyarakatnya, dengan tercapainya Universal Health Coverage (UHC) sejak tahun 2016. Hal ini berarti, persentase penduduk KSB yang terdaftar dalam program JKN-KIS telah mencapai lebih dari 95 persen. Tak hanya itu, Pemda berkolaborasi dengan BPJS Kesehatan bernafaskan profesionalisme dan pelayanan dari hati dalam melayani masyarakat.

Dhena berharap, dengan diperolehnya penghargaan tersebut maka tugas akan lebih mudah. Selanjutnya bersama dengan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat akan memastikan kualitas layanan kesehatan dan layanan administratif yang diterima oleh masyarakat di fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan sesuai dengan standar mutu yang ditetapkan. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.