Jadikan KSB Kota Cerdas, Diskominfo Lakukan Bimtek Penyusunan Master Plant Dan Quick Win


Lintas NTB
, Sumbawa Barat - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sumbawa Barat melaksanakan kegiatan bimbingan teknis penyusunan master plan Kota Cerdas (smart city) dan program unggulan (Quick Win) Kabupaten Sumbawa Barat tahun 2022.

Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin, M.M yang diwakili oleh Asisten III Supiarno mengatakan bahwa, pada acara bimbingan teknis tahap 1 smart city di Kabupaten Sumbawa Barat akan melahirkan master plant yang baik untuk KSB kedepannya.

Ia juga mengucapkan, terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada tim pembimbing dari Dirjen Aptika Kementerian Kominfo RI, yang telah bersedia hadir di Kabupaten Sumbawa Barat dalam kegiatan bimbingan teknis (Bintek) tahap 1 penyusunan master plan Kota Cerdas (Smart City) dan Quick Win program unggulan Kabupaten Sumbawa Barat.

"Saya berharap melalui kegiatan ini, pemahaman kita mengenai program smart city yang akan dicanangkan di Kabupaten Sumbawa Barat mampu memberikan hasil yang maksimal dan mampu mewujudkan Kabupaten Sumbawa Barat yang lebih baik dalam wujud kota cerdas," kata Supiarno, Senin, (20/6/2022) kepada media ini.

Ia juga kembali mengucapkan terima kasih kepada dewan smart city dan tim pelaksana Smart City yang berkomitmen untuk hadir dan turut serta dalam pengimplementasian smart city di Kabupaten Sumbawa Barat. "Saya meminta agar dewan smart city, tim pelaksana dan seluruh peserta bimbingan teknis, untuk dapat mengikuti acara ini dengan serius dan sungguh-sungguh," tuturnya.

Untuk diketahui bahwa, Diskominfo Sumbawa Barat telah mengikuti asesmen calon daerah yang akan menerapkan konsep smart city di Indonesia bersama ratusan Kabupaten/Kota lainnya se Indonesia pada tahun 2021. "Alhamdulillaah Kabupaten Sumbawa Barat terpilih dalam 50 Kabupaten/Kota yang dinyatakan layak untuk melaksanakan program Smart City bagi kabupaten/kota dalam Gerakan Implementasi Menuju Kota Cerdas," imbuhnya.

Tujuan utama program smart city ini, adalah untuk mendorong setiap daerah memiliki inovasi sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan masyarakat, peningkatan kualitas hidup dan daya saing Sumber Daya Manusia, peningkatan daya saing pariwisata, serta optimasi pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup. 


Hal inilah yang juga mendorong jajaran Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat untuk menciptakan berbagai inovasi guna mencapai hal tersebut. "Saya berharap melalui kegiatan bimtek Smart City ini dapat memperdalam pemahaman dewan smart city dan tim pelaksana smart city guna merumuskan dan menghasilkan program unggulan (Quick Win) yang dapat menjadi solusi permasalahan-permasalahan di Kabupaten Sumbawa Barat, sehingga dapat menjadi Langkah besar dalam mewujudkan Sumbawa Barat Smart City," ujarnya.

Ia berpesan kepada perangkat daerah yang membidangi pelaksanaan program Smart City, untuk bersungguh-sungguh melaksanakan implementasi program dan 

berkomitmen untuk senantiasa meningkatkan kualitas pelaksanaan program. "Mari bersama-sama sukseskan program Sumbawa Barat Smart City, dengan memaksimalkan

pemanfaatan teknologi, untuk mengoptimalkan potensi daerah, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Bumi Pariri lema Bariri," ungkapnya.

Ia berharap kedepannya, dari di bimtek dapat melahirkan master plant yang memiliki output bagi Sumbawa Barat. Peserta yang hadir dalam bimbingan teknis ini yaitu, dewan smart city, tim pelaksana, Camat, Lurah, akademisi dan praktisi. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.