Masih Pra Pendaftaran, PPDB di SMK Pusat Keunggulan SMKN 1 Kopang Meningkat

 


Lintas NTB, Lombok Tengah - Proses pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kopang tahun pelajaran 2022/2023 mengalami peningkatan.


"Selama 3 pekan terakhir sampai Sabtu kemarin sudah mencapai 285 dan itu masih pra pendaftaran PPDB. Dan harapannya besok pada proses pendaftarannya di 7 sampai 9 Juli bisa mencapai target maksimalnya 14 Rombel, itu sekitar 360-an," kata Waka Kesiswaan (SMK PK), SMKN 1 Kopang, Dini Marlina S.Pd., saat ditemui di sekolahnya, Kamis, 17/06/2022).


Dini Marlina sapaan akrabnya mengaku, untuk proses linknya masuk di Dinas ada sedikit kendala dibeberapa anak. Sekitar 15 an anak yang tidak memiliki dan mencantumkan NISN dan NIK nya di KK yang tercopynya tidak jelas tapi itu kemungkinannya besok pas di hari pendaftarannya anak-anak, insyallah bisa masuk semuanya.


"Kalau pun terjadi jika tidak bisa masuk di pendaftaran secara onlinenya Dinas memberikan kita peluang untuk mendaftarkannya secara offline," terangnya


Dan proses pendaftaran onlinenya pun itu, kata dia, semuanya murni panitia yang proseskan anak-anak. "Mungkin karena terkendala anak-anak jauh, banyak yang alasan tidak punya kouta dan lain sebagainya," ujarnya


Dijelaskannya, kami juga di SMKN 1 Kopang memberikan peluang untuk anak-anak bebas biaya selama 6 bulan untuk yang berprestasi. Yang mana dimaksud berprestasi, pertama, yang rangking 1 sampai 5 dari semester 1 sampai 5 di kelas 7 sampai kelas 9 nya. Prestasi kedua, kami ambil dari hafalan Al-Qur'annya, minimalnya 3 juz dan itu didegarkan oleh teman-teman dari panitia dan bapak/ibu guru yang ada kompetensinya di situ dan prestasi yang ketiga itu, untuk yang punya piagam atau sertifikat lomba atau pertandingan di tingkat provinsi dan menjadi juara 1, 2, dan 3. Itu kami kami berikan kesempatan untuk bebas biaya 6 bulan. "Alhamdulillah memang ada juga beberapa anak yang mengejar prestasi dinilai raportnya karena yang dari Dinas yang dilihat adalah nilai 4 mata pelajaran itu yang bersaing diraport semester 1, nilai raport 5 semester dari kelas 7 sampai kelas 9 nya tapi yang diambil itu biasanya nilai dari 4 mata pelajaran. Pelajaran matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) itu yang diambil tapi untuk 5 semester nilai raport," paparnya.


Diharapkannya, mudah-mudahan kouta tahun ini bisa terpenuhi, biasanya 10 Rombel untuk 7 kompetensi keahlian. Ke 7 kompetensi keahlian yang kami punya itu, pertama, tekhnik kendaraan ringan dan otomotif. Kedua, tekhnik sepeda motor. Ketiga, tekhnik body kendaraan ringan. Keempat, tekhnik pengelasan. Kelima, tekhnik audio video atau tekhnik elektronika. Keenam multimedia tapi sudah terpecah menjadi 3 karena di tahun 2022/2023 tahun pelajaran baru besok kami sudah masuk ke kurikulum merdeka terkait dengan SMK Pusat Unggulan yang sudah kami dapatkan. 


"Multimedia sekarang, pertama ada desain komunikasi visual. Kedua, produksi film dan ketiga produksi dan siaran program televisi," tandasnya.


Ia mengungkapkan, anak-anak juga sedikit bingung karena yang dikenalnya hanya multimedia sekarang ada diproduksi film dan diproduksi siaran dan televisi itu, terkait seperti apa nantinya yang akan mereka pelajari tapi Alhamdulillah kami dari kepanitiaan juga tetap memberikan arahan dan gambaran kepada anak-anak sebelum mereka menentukan pilihan.


"Kami kumpulkan mereka anak-anak untuk mensosialisasikan untuk memberikan arahan dan gambaran tentang jurusan tersebut, itu selama 2 hari," cetusnya.


Dituturkannya, kami sebenarnya sedikit ada keterlambatan untuk melakukan sosialisasi yang seharusnya di Mei kemarin karena bayak kegiatan, sudah anak-anak ujiannya selesai jadi hanya beberapa sekolah yang bisa kami kunjungi. Mudah-mudahan kedepannya untuk sosialisasi kami di SMKN 1 Kopang bisa lebih awal dan terpenuhi sesuai dengan apa yang diharapkan dan harapan kami untuk anak-anak yang sudah lulus baik di SMP atau MTS sudah bisa memutuskan kemana mereka akan melanjutkan sekolahnya.


"Dan harapan kami juga, mudah-mudahan bisa melanjutkan sekolahnya di SMKN 1 Kopang lebih-lebih sudah menjadi sekolah Pusat Keunggulan dan kepala sekolah kami sangat mendukung apapun kegiatan dari anak didik siswa siswi kami di sini, mulai dari bidang industri tekhnik kendaraan ringan dan otomotif sampai dengan bidang tahfidz sehingga dapat mencetak anak-anak siswa-siswi yang unggul, berprestasi dan berakhlakul karimah," pintanya.

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.