Merawat Sejarah, HWSB Terbitkan Buku Refleksi Perjuangan Pembentukan Kabupaten Sumbawa Barat


Lintas NTB
, Jakarta - Himpunan Warga Sumbawa Barat (HWSB) akan menerbitkan buku bertemakan sejarah pembentukan Kabupaten Sumbawa Barat. Rencana penerbitan buku tersebut ditandai dengan soft launching yang dilaksanakan pada hari Sabtu, (11/06/2022). Kegiatan tersebut dilaksanakan bersamaan dengan Silaturrahmi Warga Sumbawa Barat (HWSB) Jabodetabek yang bertempat di gedung Dewan Dakwah Islamiah Jakarta. 

Dalam keterangan persnya, Ketua HWSB Jabodetabek Drs. Burhanuddin, A.Manaf menerangkan bahwa, pembuatan buku tersebut merupakan program dari HWSB yang bertujuan untuk mewariskan nilai-nilai perjuangan pembentukan Kabupaten Sumbawa Barat. "Saat ini pembuatan buku tersebut sedang dalam proses melengkapi data-data. Pengumpulan data primer maupun sekunder sudah dilakukan melalui wawancara dan pemgumpulan referensi berupa buku dan dokument sejarah pembentukan KSB yang sudah ada sebelumnya.  InsyaAllah akan segera final," ungkap Burhan.

Burhan juga menambahkan bahwa, pembuatan buku tersebut disusun se obyektif mungkin, tanpa ada tendensi maupun intervensi dari pihak manapun. Semua masukan, catatan, informasi di akomodir, dan dibuat apa adanya. Hal ini menurut Burhan disampaikan agar tidak ada persepsi bahwa pembuatan buku tersebut sesuai pesanan sponsor.

Sementara itu, penasehat HWSB H. Amir Jawas menerangkan bahwa. Sejarah Pembentukan Kabupaten Sumbawa Barat ini harus diketahui oleh seluruh masyarakat KSB, agar mereka selalu bersyukur atas terbentuknya KSB. "Mereka harus tahu bahwa kita bentuk Sumbawa Barat ini dengan "berang dan buja" (parang dan tombak). Artinya, perjuangan membentuk KSB ini dilakukan dengan pengorbanan yang luar biasa, siap bertarung nyawa," ungkap Ami Amer sapaan akrabnya.

Rencana Naskah buku tersebut diserahkan oleh H. Amir Jawas kepada Bupati Sumbawa Barat DR. Ir. H. W. Musyafirin, MM, sebagai tanda soft launching buku refleksi perjuangan pembentukan Kabupaten Sumbawa Barat. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.