Pawai Ta'aruf Sambut Pembukaan STQ di Tingkat Kecamatan BKU



Lintas NTB, Lombok Tengah - Dalam rangka menyambut pembukaan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) yang ke XXVII di selenggarakan di tingkat kecamatan Batu Keliang Utara (BKU) semua kafilah perwakilan dari semua desa yang ada di kecamatan BKU menggelar pawai ta'aruf yang di mulai dari Madrasah Al-Mansurati Seganteng sampai dengan kantor desa Aik Bukak pada  Jum'at siang, 10 Juni 2022, berjalan lancar.


Pawai Ta'aruf STQ ke XXVII dilaksanakan dan diikuti langsung oleh beberapa unsur kafilah mulai dari masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, anak-anak santri dan santriwati dari semua desa yang ada di kecamatan BKU.


Camat BKU, Muhamad Syukri, mengatakan, untuk kegiatan STQ ke XXVII di tingkat kecamatan ini, terdiri dari beberapa cabang.


"Mulai dari cabang tilawah anak-anak putra-putri 2 orang, cabang tilawah dewasa putra-putri 2 orang, kemudian  cabang hafidz 1 juz, tilawah putra-putri 5 juz dan tilawah putra-putri hafalan 10 juz, 20 juz sampai dengan 30 juz. Di samping itu ada mufassir dan mufassiroh bahasa arabnya dan kegiatannya mulai dari 10 hingga 13 Juni mendatang, tepatnya di kantor desa Aik Bukak" ujarnya.


Ia mengaku, Kalau ditotal jumlahnya perdesa yang mengikuti STQ ke XXVII ini, kalau mereka lengkap mengirim,  maka jumlahnya 16 orang perdesa. "Kalau kita hitung berapa total peserta, kalau rataB-rata mengirim 16, berarti 16x8. Maka total pesertanya 128 orang yang akan mengikuti lomba kegiatan STQ ke XXVII di tingkat kecamatan BKU," urainya


Melalui ajang STQ ke XXVII, kata dia, tidak hanya semata-mata kita mengejar juara tapi lebih dari itu.


"Yang paling penting tentu bagaimana kita memahami dan mengamalkan nilai-nilai Al-Qur'an di masyarakat dan di dalam kehidupan kita sehari-hari," cetusnya


Disebutkannya, dan diajang STQ ke XXVII ini, kita bisa mendapatkan Qori'- Qori'ah, Hafidz-Hafidzah, Mufassir-Mufassiroh terbaik yang bakal tampil nanti di ajang STQ di tingkat kabupaten yang rencananya akan diadakan di Praya Timur.


"Tentu kepada para pendidik, terutama yang saya lihat di beberapa TPQ maupun di LPTQ yang ada di desa maupun kecamatan mari terus kita meningkatkan Kwalitas pendidikan buat anak-anak kita ini supaya Al-Qur'an itu membumi di BKU," paparnya.


Lanjutnya, lebih-lebih tadi saya menerima pesan langsung dari salah seorang pejabat dari kementerian agama, bahwa kecamatan BTU ini pernah juara umum ke 3 di tingkat kabupaten sehingga diminta untuk mempertahankan. 


"Kalaupun ditingkatkan,mudah-mudahan menjadi juara umum 1 tapi insyallah, tentu untuk mencapai itu prosesnya harus berjenjang," tandasnya


"Sebenarnya, di tingkat kecamatan ini sudah di awali dulu dengan STQ di tingkat desa, cuma sudah dilaksanakan oleh beberapa desa. Nah, putra-putri terbaik yang tampil di STQ di tingkat desa, itulah yang dikirim ke tingkat kecamatan dan nanti yang terbaik di kecamatan ini itulah yang akan menjadi kafilah atau peserta kami di BTU ini untuk berlomba di STQ di tingkat kabupaten," sambungnya.


Kepada orang tua santri dan santriwati, imbuhnya, kami berharap agar untuk selalu mensuport, memberikan dukungan kepada putra-putrinya dengan senantiasa untuk selalu mendo'akan yang terbaik buat putra-putri kita ini.


"Tidak hanya juara di tingkat kecamatan tapi juga mudah-mudahan menjadi juara di tingkat kabupaten, provinsi, nasioanal, maupun dunia," pungkasnya.


Sementara itu, Sementara itu, salah satu anggota Panitia, Fahri yang juga sebagai ketua karang taruna desa Aik Bukak mengungkapkan adapun beberapa kafilah yang mengikuti kegiatan pawai STQ ke XXVII ini cukup banyak sekali.


"Mulai dari TPQ Nurul Yakin, TPQ Najmul Huda, TPQ As-Syafi'i NW, TPQ Masjid Nurul Iman, TPQ Al-Furqan, TPQ Sinar Lima, TPQ Masjid Loak Daye, TPQ Muslimat BKU, TPQ Muslimat Labu Pandan, TPQ Asma Ulhusna, TPQ Muslimat Langgalawe, TPQ Pengenem Lauk, TPQ Petikus Lauk, TPQ Batu Ngerenseng Lauk, TPQ Masjid Seganteng Ulum, TPQ Ponpes Al-Mansurati, TPQ Remaja Aik Bukak, TPQ MI Babussalam Montong Alung, TPQ Muslimat Montong Alung, TPQ Langgalawe," tutupnya. 

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.