Pemdes Braim Gelar Bimtek, Guna Tingkatkan Kapasitas Perangkat Terkait Penyelesaian Hukum Perdata dan Administrasi

 

Lintas NTB, Lombok Tengah -Pemerintah desa Braim menggelar Bimtek terkait dengan peningkatan kapasitas perangkat dalam menyelesaikan permasalahan hukum perdata dan administrasi langsung oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Lombok Tengah.


"Jadi nanti kita diajarkan bagaimana beracara di hukum perdata sama administrasi. Kalau mereka perangkat kita ini sudah paham. Artinya, bisa menyelesaikan langsung masalah ditingkat bawah dan tidak mesti harus dibawa ke pengadilan," kata kepala desa, Lalu Januarse Atamaja, saat ditemui di kantornya, pada Selasa, (28/06/2022).


Ia menambahkan, Jadi ini, program setiap tahun yang intinya untuk memberikan ilmu pengetahuan dan edukasi kepada semua para perangkat biar bisa menjelaskan kepada  masyarakat terkait dengan mana yang benar dan tidaknya.


"Jadi, semua perangkat baik perangkat yang di desa maupun perangkat kewilayahan, ada juga dari unsur BPD, Bumdes dan itu yang diminta oleh Kejaksaan Negeri," ujarnya


Diakuinya, kalau permasalahan ditingkat bawah itu yang seringkali terjadi adalah kasus-kasus tanah dan sebagainya. "Ini malah sama-sama saudara, kan tidak ada orang lain kalau masalah ahli waris. Saudara, misan dan hal-hal seperti itu paling tidak langsung kepala dusunnya mengambil peran di situ untuk menyelesaikannya di tingkat bawah," tuturnya.


Harapan kedepannya, pinta dia, mudah-mudahan dengan adanya edukasi ini, kita bisa menambah ilmu pengetahuan sehingga masyarakat lebih terbantu dan  permasalahan yang ada di tingkat bawah, selesainya di tingkat bawah dan tidak ada yang selesai ke Pengadilan dan lain sebagainya.


"Saya selaku kepala desa Braim, bahwa semua perangkat baik perangkat desa, perangkat kewilayahan maupun Bumdes yang ada di desa ini agar mengikuti Bimtek ini dengan serius karena memang ini kita sudah anggarkan dan tidak main-main sehingga ilmu yang disampaikan sama pihak kejaksaa sampai sehingga kita bisa  memahaminya," tutupnya.

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.