Pengembangan Profesional Guru Di Madrasah Ibtidaiyah




Oleh : Muhammad Hada

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Mataram

Fakultas Agama Islam

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibditaiyah

Lintas NTB, Mataram - Guru atau pendidik merupakan seorang di balik proses terciptanya suatu pembelajaran bahkan seorang guru merupakan sosok penting atau bagian utama dari lancarnya suatu pendidikan yang baik bahkan berkembang untuk kemajuan pendidikan tersebut oleh karena itu seorang guru memiliki sikap profesional keguruan.

Sikap profesional keguruan merupakan bentuk sikap keahlian dan kemahiran seorang guru dalam menjalankan proses pembelajaran yang sesuai dengan standar atau norma pendidikan tersebut sikap tersebut dapat mengetahui perkembangan suatu pendidikan baik dari pesrta didik terlebih lagi para pendidik (guru).

Pengembangan sikap profesional keguruan menjadi perdebatan akhir-akhir ini terlebih di kawasan madrash ibtidaiyah, peningkatan sikap profesional guru dipandang sebagai upaya meningkatkan pendidikan madrasah ibtidaiyah meski madrasah ibtidaiyah banyak yang bersetatus swasta,namun hal tersebut tidak membuat sikap profesional seorang guru menjadi lebih buruk bahkan kebanyakan guru-guru di madrasah ibtidaiyah memiliki perkembangan sikap profesional yang baik yang membuat pendidikan di madrasah yang swasta sesuai dengan standar atau norma pendidikan sekolah negeri.

Pendidikan madrasah ibtidaiyah mulai berkembang dengan baik di era sekarang bahkan banyak yang bersetatus negeri,itu semua tak lepas dari sikap profesional guru dalam melaksanakan dan mengembangkan pendidikan yang ada di madrasah ibtidaiyah.

Peningkatan sikap profesionalisme Guru merupakan harapan dari setiap unsur pendidikan. Seorang guru yang Profesional harus memiliki kebiasaan membaca yang baik. Sebab perkem bangan ilmu yang sangat pesat membawa perubahan yang cepat pula dalam pendidikan baik di sekolah negeri maupun swasta.

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.