Telan Biaya 2, 27 M, 16 Desa Gelar Pilkades Serentak Di KSB


Lintas NTB, Sumbawa Barat - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) adalah pelaksanaan kedaulatan rakyat yang ada di desa dalam rangka memilih Kepala Desa yang bersifat langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) akan menelan anggaran 2, 27 M untuk 16 Desa tersebar di delapan Kecamatan yang ada di KSB. 16 Desa tersebut yaitu, Desa Tamekan, desa Banjar, desa Batu Putih, Desa Air Suning, Desa Seteluk Atas, Desa Poto Tano, desa pasir putih, desa Mantun, desa Maluk, desa Bukit Damai, Desa Beru, desa Bangkat Monteh, desa Sapugara Bree, Desa Manemeng, Desa Lampok dan Sekongkang Atas.

"Kami hari ini mengadakan pertemuan dengan Camat dan Kepala Desa yang akan mengikuti Pilkades. Dalam rangka persiapan pelaksanaan Pilkades serentak dan tahapan pemilihan kepala desa serentak gelombang ke satu tahun 2022," kata Kepala Dinas DPMD H. IBRAHIM, S. Sos., MM kepada awak media diruang kerjanya, Selasa, (7/6/2022).

Ia juga mengatakan, rencana tahapan mulai dari awal yaitu pra persiapan, sosialisasi jadwal pelaksanaan Pilkades, penyusunan RAPBDes Perubahan. Sementara untuk persiapan akan di bentuk panitia pemilihan Kepala Desa tingkat Kabupaten, pembentukan panitia pengawas Pilkades, penyusunan tahapan pemilihan kepala desa, rapat koordinasi tentang jumlah dan desa yang ikut Pilkades, bimbingan teknis pemilihan kepala desa, pembentukan panitia pemilihan kepala desa tingkat desa, penyusunan tata tertib Pilkades dan masih banyak lagi.

Sementara itu, untuk pendaftaran bakal calon Kepala Desa dimulai tanggal 19-27 Agustus dan tahapan lainnya. Untuk pelaksanaan pemungutan suara, perhitungan dan penetapan calon terpilih akan dilaksanakan tanggal 23 Oktober 2022. Pengesahaan penetapan calon terpilih dengan keputusan Bupati akan dilaksanakan pada tanggal 26 November dan pelantikan dilaksanakan tanggal 13 Desember 2022.

"Kami juga sudah menyiapkan ruang penyelesaian sengketa Pilkades, bila ada pengaduan gugatan," pungkasnya. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.