Angkat Kembali Kearifaan Lokal, Dikbud KSB Akan Gelar Pekan Budaya Daerah


Lintas NTB,
Sumbawa Barat - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa Barat akan mengelar pekan budaya daerah (PBD) dalam waktu dekat sebagai bentuk revitalisasi budaya.

"Pekan kebudayaan daerah merupakan amanat undang-undang yang harus diterapkan, maka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud) telah mengeluarkan instruksi kepada seluruh Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota terkait dengan kegiatan kearifaan lokal yang harus dimunculkan kembali," jelas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) KSB Khusnarti, S. Pd kepada media ini, Senin, (11/7/2022).

Ia juga mengatakan, dalam pelaksanaan acara PBD tersebut, melibatkan sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP). Kegiatan itu dilaksanakan selama 6 hari dimulai tanggal 8 sampai 13 Agustus 2022 dengan melibatkan UMKM. Didalam kegiatan kearifaan lokal akan mengaktifkan kembali permainan tradisional engkrang, trompa panjang dan lainnya. Sementara itu lanjut Khusniarti, ada juga seni budaya pertunjukan seperti lomba malangko (musik internal), lomba batutur teater sistem gugus dan masih banyak lagi.

Dalam rangka revitalisasi mengenal budaya indonesia, maka dasar itulah Dikbud KSB mengeluarkan surat edaran untuk membuat acara Kamis Budaya dimasing-masing sekolah dengan mengenalkan berbagai budaya daerah kepada anak-anak. Tujuan kegiatan itu, untuk meningkatkan kembali budaya daerah dan mengenalkan permainan tradisional.

Ia berharap dari kegiatan kearifaan lokal tersebut bisa merangsang kembali motorik anak-anak agar mengenal budaya daerah dan sebagai alternatif permainan anak-anak supaya tidak bergantung dengan smartphone. Dia juga berencana akan memasukkan permainan budaya di dalam game online, karena kebudayaan tidak bisa terlepas dari teknologi. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.