Bupati Sumbawa Barat Harapkan Momentum MTQ Ke 18, Sebagai Ajang Mencetak SDM Qur'ani


Lintas NTB
, Sumbawa Barat - Bupati Kabupaten Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM menyampaikan dalam pembukaan MTQ ke XVIII tingkat Kabupaten bahwa, momentum MTQ merupakan wadah dalam mencetak sumberdaya manusia (SDM) KSB yang Qur'ani, sesuai dengan Visi dan Misi daerah.

"Momentum MTQ ke 18, selaras dengan visi dan misi Kabupaten Sumbawa Barat untuk mencetak SDM KSB yang unggul bernapaskan Al-Qur'an. Mari kita bumikan MTQ tingkat Kabupaten sampai ke pelosok," harap Bupati.

Ia juga mengatakan, MTQ bisa sebagai momentum strategis dalam membangun peradaban manusia. "Kita harus terus bangkit, maju dan membangun Qori dan Qoriah KSB agar potensi tilawah kita bisa bersaing," kata Bupati, Senin, (18/7/2022).

Dia berpesan kepada Qori dan Qoriah yang ikut MTQ agar bersungguh-sungguh dalam membangun dan mengembangkan diri. "Jadikan MTQ sebagai ruang untuk mengasah diri dan syiar Islam," tutur Bupati.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Camat, dewan hakim, pemerintah Kecamatan Taliwang, Lurah dan Kades yang sudah ikut berpartisipasi memeriahkan acara ini. "Mari kita terus bersyukur dan berdoa kepada Allah SWT agar kita di rahmati dan menjadikan KSB negeri Baldatun Toyyibatun Warrobbun Ghofur. 

Ditempat yang sama, Camat Taliwang Aku Nur Rahmadin, S. Pd selaku ketua pelaksana dalam sambutannya mengatakan bahwa, dasar hukum pelaksanaan MTQ ke XVIII tingkat Kabupaten berdasarkan surat keputusan dari Bupati untuk melaksanakan kegiatan MTQ tingkat Kabupaten di Kecamatan Taliwang.

Ia juga menjelaskan, tujuan MTQ untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan kandungan Al-Qur’an. Sebagai ajang meningkatkan Ukhuwwah Islamiyah dan melestarikan seni dan budaya Qur’an. Dia juga berharap, MTQ ini menjadi pendorong untuk mempelajari dan mengamalkan Al-Qur'an bagi masyarakat Sumbawa Barat. Sehingga tercetak Qori dan Qoriah yang unggul, melestarikan dan membumikan Al-Quran. "Arena MTQ ini adalah buktinya nyata dari semangat Basiru dalam melaksanakan MTQ tingkat Kabupaten, karena berbagai pihak ikut andil mensukseskan acara ini," imbuhnya.

Dalam laporanya, ia menuturkan bahwa, jumlah peserta MTQ tingkat Kabupaten sebanyak 333 dari 8 Kecamatan. Pesertanya diinapkan di rumah-rumah warga yang dikoordinir oleh Lurah. Ia mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua pihak, baik swasta, pemerintah Kecamatan, sekolah, Lurah, Kades dan masyarakat Sumbawa Barat.

Dia juga menyinggung taglinenya yang dikenal dengan "Taliwang kota tertata" (Takota) yang diharapkan bisa membuat kota Taliwang menjadi lebih baik dan tertata kedepannya. Ia berharap kepada dewan hakim Takota agar bisa merumuskan dan memutuskan hasil yang baik dalam pelaksanaan MTQ ke 18 kali ini.

Dalam Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten ke XVIII tahun 2022 Kabupaten Sumbawa Barat di Kecamatan Taliwang dilakukan pelantikan dewan hakim. Hadir dalam acara tersebut, Bupati Sumbawa Barat, Wakil Bupati Sumbawa, Ketua DPRD KSB, Kapolres Sumbawa Barat, Kajari Sumbawa Barat, Dandim 1628/SB, Sekda, Kepala OPD, Camat se-KSB, Lurah, Kepala Desa, peserta MTQ dan masyarakat. (LNG05)


0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.