Cegah Peredaran Narkotika, Wabup Launching Balai Rehabilitasi Narkotika


Lintas NTB, Sumbawa Barat - Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) Fud Syaifuddin, ST menghadiri launching Balai Rehabilitasi Narkotika Adhyaksa di rusunawa Kelurahan Menala Kecamatan Taliwang.

Balai Rehabilitasi Narkotika Adhyaksa sebagai tindak lanjut dari Pedoman Jaksa Agung RI nomor 18 tahun 2021 tentang penyelesaian perkara tindak pidana penyalahgunaan narkotika melalui rehabilitasi dengan pendekatan keadilan restoratif sebagai pelaksanaan asas Dominus Litis Jaksa serta Surat Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Nomor : B-2500/E/Enz/11/2021 tanggal 09 November 2021 dalam hal tata cara pelaksanaan pedoman nomor 18 tahun 2021. 

Perlengkapan Balai Rehabilitasi Narkotika Adhyaksa Kabupaten Sumbawa Barat terdiri dari 2 rumah susun dengan 4 kamar kapasitas 8 orang yang telah dilengkapi dengan ruangan tamu, dapur, wc dan 2 bed bertingkat dan pengamanan ketat berupa 1 pintu akses masuk yang terkunci dan ruangan dilengkapi CCTV untuk dimonitor petugas.

Dalam hal ini, wabup memberikan peringatan keras kepada aparatur sipil negara (ASN) bagi yang terlibat narkoba. "Stop terlibat narkoba, ayo sadar dengan mendatangi rumah rehabilitasi ini, sebelum dipenjara," kata Fud sapaan akrabnya kepada awak media, Senin, (18/7/2022).

Ia meminta dengan kehadiran balai rehabilitasi narkotika adhyaksa ini, bukan hanya mengurusi masyarakat yang terkena kasus narkotika, tapi masyarakat yang belum berkasus dan ingin merehabilitasi dirinya juga bisa mendatangi balai ini. "Untuk menyiapkan SDM, Kajari akan bekerjasama dengan rumah sakit, dokter dan ulama, karena kesembuhan pengguna narkotika membutuhkan kesadaran dengan memberikan sentuhan khusus," papar Wabup.

Ia berharap dengan adanya balai ini, peredaran narkoba di Sumbawa Barat bisa ditekan secara bersama dengan maksimal. "Niat baik dari Kejaksaan harus kita dukung untuk memberantas peredaran gelap narkoba di Bumi Pariri Lema Bariri," imbuhnya.

Dengan adanya gerakan khusus dari kejaksaan, masyarakat diharapkan akan sadar dan bisa konsultasi untuk berhenti menggunakan narkoba. "Kami juga sering melakukan tes urine di beberapa OPD, langkah rehabilitasi ini sangat bagus untuk menekan narkoba," jelas Wabup.

Kedepannya, dia berencana akan membuat rumah rehabilitasi untuk warga Sumbawa Barat. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.