Festival Pesona Tamekan Dimulai, Barapan Kerbau Sebagai Acara Pembuka


Lintas NTB
, Sumbawa Barat - Dentuman suara kerbau yang berlari-lari di lokasi sirkuit barapan kebo Desa Tamekan, menandakan pelaksanaan festival budaya pesona Tamekan, mulai digelar pada Minggu, (31/7/2022) sebagai bentuk rentetan pelaksanaan festival pesona Tamekan untuk melestarikan budaya Sumbawa Barat yang sudah ada dari zaman dulu.

Kegiatan itu merupakan pesta rakyat, untuk memperkenalkan budaya daerah Sumbawa Barat agar dilestarikan lagi oleh lapisan masyarakat terutama warga Tamekan.

Kepala Desa Tamekan Yulhaidir, S. AP dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan selamat datang di desa Tamekan kepada peserta barapan kerbau dan tamu undangan. Barapan kerbau merupakan awal dimulainya festival pesona Tamekan yang nantinya akan ada 6 kegiatan lain dengan puncak acaranya di bulan September mendatang. "6 item kegiatan lainnya yaitu mangan tode, pesta rakyat, sampo ayam, bagontong dan rateb, main bai dan senam massal," katanya.

Dalam acara barapan kebo ini mengangkat tema "Barapan Lako Kabalong" yaitu dengan perlombaan barapan kerbau mari berlomba-lomba menuju kebaikan. Ia berharap, dengan kegiatan barapan kebo akan membawa kebaikan kepada kita semua, terutama masyarakat Tamekan, masyarakat Kecamatan Taliwang dan KSB kedepannya.

Dengan aktifitas ini akan lahirnya aktifitas ekonomi, dia berharap kedepannya pesona Tamekan bisa berbicara lebih jauh sampai tingkat lebih tinggi dengan dukungan dari semua pihak, terutama Dinas  Pariwisata agar menjadikan barapan ini sebagai daya tarik sektor pariwisata di Sumbawa Barat. "Banyak orang yang terlibat, dalam pariwisata pesona Tamekan ini, semoga bisa mengangkat pariwisata KSB," ungkapnya.

Lanjut Yulhaidir, berbicara barapan kerbau, berarti kita berbicara NTB, karena pesona Tamekan ini kita jadikan barapan menuju kebaikan, karena melibatkan komunitas barapan se pulau Sumbawa dan tamu dari Lombok. 




Ditempat yang sama, Ketua DPRD KSB Kaharuddin Umar mengucapkan terima kasih kepada panitia dan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan barapan kerbau ini. Ia menjelaskan, festival pesona Tamekan merupakan agenda khusus dan rutin. Maka dari itu pemerintah daerah telah membuat wadah untuk menyalurkan hobi para komunitas barapan kerbau tersebut. "Kami dari DPRD tetap mendukung kegiatan ini, karena melestarikan budaya Sumbawa Barat," tuturnya.

Kegiatan ini sangat luar biasa, dirinya siap menganggarkan bila kegiatan berkelanjutan, karena barapan kerbau ini setiap minggunya selalu ada kegiatan. "Barapan kebo menjadi daya tarik tersendiri dan merupakan momentum untuk silaturahmi antar komunitas. Saya sebagai ketua DPRD akan mendukung kegiatan ini," imbuhnya.

Diakhir sambutannya, ia berharap kegiatan melestarikan budaya Sumbawa Barat seperti ini agar terus dilakukan untuk promosi pariwisata Sumbawa Barat. Sekaligus dirinya membuka festival pesona Tamekan.

Hadir dalam acara itu, Ketua DPRD Kaharuddin Umar, Wakapolres Sumbawa Kompol. Ibrahim, Kasat Pol-PP KSB Agus Hadnan, S. Pd, Kepala Dinas Disparpora KSB, Kepala Desa Tamekan, Kasat Binmas, Sekretaris Camat Taliwang, perwakilan kodim 1628/SB dan komunitas barapan kebo. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.