Ground Breaking Ceremony Proyek Desal-Demin Water Plant, Bupati Tekankan 4 Poin Penting

Lintas NTB, Sumbawa Barat – Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M didampingi oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumbawa Barat menghadiri acara Groundbreaking Ceremony of Desal – Demin Water (DDW) Plant Project PT. Amman Mineral Industri.


Presiden Direktur PT Krakatau Steel (Persero) Tbk., Agus Nizar Vidiansyah dalam sambutannya menyampaikan rasa bahagia atas kolaborasi antara PT. Krakatau Tirta Industri (KTI) selaku anak perusahaan PT. Krakatau Steel (Persero) Tbk dengan PT. Amman Mineral Industri. “Saya sangat bahagia atas kolaborasi penting antara PT. Krakatau Tirta Industri dengan Amman Mineral Industri dalam membangun Desal dan Demin Water Plant di pulau yang sangat indah ini. Saya berharap KTI, dengan dukungan dari semua pihak yang mendukung proyek ini dapat menjaga reputasi dengan menyelesaikan proyek ini sesuai dengan waktu, biaya dan kualitas yang diharapkan sebelumnya," kata Agus Nizar Vidiansyah.


Di sisi lain, Alugoro Mulyowahyudi, Direktur Utama PT. Krakatau Tirta Industri dalam kesempatan ini mengungkapkan bahwa, pada proyek Desal – Demin Water Plant ini akan menggunakan proses Reverse Osmosis (RO) atau proses osmosis terbalik untuk desalinasi dan demineralisasi air laut menjadi air bersih dengan kapasitas 266 m³/j untuk Desal dan 55 m³/j untuk Demin menggunakan teknologi Reverse Osmosis (RO) untuk PT. Amman Mineral Industri guna mendukung proses produksi dalam hal pengolahan dan pemurnian produk tambang atau untuk pemurnian atau peleburan logam mulia.


Masih menurut Direktur Utama PT. Krakatau Tirta Industri, Alugoro Mulyowahyudi, proyek ini akan menyuplai kebutuhan air PT. Amman Mineral Industri setidaknya selama 30 tahun ke depan. “Proyek ini akan menyuplai kebutuhan air PT. Amman Mineral Industri setidaknya selama 30 tahun ke depan dan semoga kerjasama ini dapat berlanjut untuk 30 tahun selanjutnya. 


Krakatau Tirta Industri menyatakan siap memimpin dalam membangun proyek DDW ini. KTI akan melakukan yang terbaik untuk menyelesaikan proyek ini tepat waktu pada Oktober 2023 mendatang. Saya berharap proyek ini dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan ekonomi di Kabupaten Sumbawa Barat dan juga dapat berkontribusi pada kemakmuran masyarakat”, tutup Alugoro Mulyowahyudi. Pada Selasa, 12 Juli 2022, pagi bertempat di DDW Plant Site PT. Amman Mineral Industri, Benete,


Direktur PT. Amman Mineral Industri, Dr. Naveen Chandra Lal menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak yang mendukung terlaksananya proyek ini. “Saya atas nama PT. AMNT dan PT. AMIN menyampaikan rasa terima kasih kepada semua orang yang membantu dan terlibat dalam proyek khusus ini. Smelter membutuhkan air dan proyek Desal – Demin water plant ini akan mendukung hal tersebut dengan menyediakan air selama 30 tahun dan seterusnya," singkat Dr. Naveen Chandra Lal.


Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M. dalam sambutannya menekankan 4 poin penting yang menjadi perhatian Pemerintah Sumbawa Barat, poin tersebut yakni tenaga kerja, penggunaan material selama masa konstruksi, penggunaan produk lokal terkait sandang dan pangan, serta terkait dengan perizinan. 


“Proyek Desal – Demin Water Plant ini menjadi tanda bahwa pembangunan Smelter di Kabupaten Sumbawa Barat semakin dekat. Namun, ada beberapa hal yang akan saya tekankan agar dapat menjadi perhatian kita semua. Pertama, terkait dengan pemanfaatan tenaga kerja lokal, harapan kami agar dapat dipertegas yaitu lokal Kabupaten Sumbawa Barat. Di samping itu juga kami berharap ada peluang-peluang lain yang bisa diisi berdasarkan job description yang dibutuhkan. Kemudian tekait dengan penggunaan agregat atau material selama masa konstruksi, hal ini kami berharap agar bahan baku yang sekiranya dapat dipenuhi di dalam Kabupaten Sumbawa Barat agar dapat diberdayakan keberadaannya, misalnya pasir, batu bata, semen dan material lainnya. Selain itu, salah satu dampak ikutan yang kita harapkan adalah para pelaku usaha industri rumah tangga dan UMKM yang ada di KSB dapat diberdayakan juga. Dan yang terakhir harus tertib perizinan," jelas Bupati.


Sebelum acara ini ditutup, selanjutnya dilakukan kegiatan groundbreaking ceremony yang menandakan bahwa pembangunan proyek Desal – Demin Water Plant di Kabupaten Sumbawa Barat resmi dimulai. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.