Masuki Tahun Ajaran Baru 2022/2023, Kepsek MTSN 6 Praya Paparkan Program Ekstrakurikuler

 


Lintas NTB, Lombok Tengah - Memasuki pelaksanaan kegiatan belajar mengajar tahun ajaran baru 2022/2023. Sedikitnya ada 3 program ektrakurikuler yang akan dilaksanakan di Madrasah Tsanawiah Negeri (MTsN) 6 Praya, Lombok Tengah.


"Pertama, kajian kitabnya yang akan mengantarkan anak-anak kita di sini untuk bisa memahami, menguasai dan membaca kitab kuning. Kedua, ilmu karate dan itu kita akan mulai aktifkan untuk mengembangkan kompetensi talenta yang dimiliki oleh anak-anak didik kita di sini dan ketiga, ada juga dramben," kata Kepala Sekolah (Kepsek) MTsN 6 Praya, Ahmad Faizin, saat ditemui di Sekolahnya, pada Jum'at kemarin, (08/07/2022).


Faizin menambahkan, kalau yang menjurus kepada akademik itu, yang kita tekankan adalah ilmu sainsnya. "Paling tidak nanti anak-anak siswa siswi kami di sini bisa mengikuti kompetensi sains Madrasah KASN yang diselenggarakan secara priodik setiap tahunnya dari tingkat satuan kerja ke kabupaten sampai dengan ke nasional," terangnya.


Diakuinya, kalau kajian kitab kuningnya atau yang di singkat, (Kakiku) sudah diterima dan diakui oleh Pusdiklat pusat pada saat audiens dulu di Hotel Jayakarta setelah kita tawarkan beberapa program, ternyata kajian kitab kuningnya yang disetujui dan dari tenaga pengajarnya juga kita sudah siapkan dan anak-anak juga sudah disuruh untuk membeli kita kitab yang akan dipelajari dan dibedah bersama dengan ustadznya.


"Untuk mengetahui apakah sudah menguasai atau tidaknya materi kitabnya itu, setiap hari Jum'at itu kita adakan imtak, mulai dari mereka ceramah dan lain sebagainya yang dibimbing dan dipantau langsung oleh pembinanya sendiri dan teman-teman guru yang lainnya," paparnya.


Dari beberapa program tersebut, kata dia, harapan kita ilmu apa saja yang dipelajari oleh anak-anak didik kami bisa dipahami dan sehingga ilmu-ilmu yang diperolehnya tersebut bisa berguna bagi masyarakat. 


"Dan dari masyarakat yang ingin lebih mengetahui tentang MTSN 6 Praya ini, tentunya bisa berkontribusi, paling tidak dengan memasukkan anak-anaknya dan bisa juga berkontribusi dengan apakah itu berupa material atau saran karena di sini masih baru," ujarnya


"Salah satu contoh yang kita butuhkan sekarang di sini adalah Mushollanya sebagai sarana beribadah untuk anak-anak kita di sini," sambungnya


Ia juga terus mengingatkan kepada anak-anak didiknya agar tetap disiplin, pacu diri belajar untuk meningkatkan ilmu pengetahuannya sehingga nantinya setelah selesai di MTSN 6 ini bisa mendapatkan ilmu yang barakah dan bermanfaat.


"Sekarang kan, output Alumni MTSN 6 itu, sudah banyak yang diterima di MAN 1 kemudian di SMAN 1 juga kemarin sudah ada yang diterima dari anak-anak kita di sini melalui prestasi dan saya yakin itu dilaluinya dengan persaingan yang ketat, kita tahu SMAN 1 itu adalah sekolah favorit di tingkat SMAN di Lombok Tengah," pungkasnya.

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.