Berikan KIA Kepada Anak, Mahasiswa KKN Undova Desa Kalimantong Diapresiasi Masyarakat


Lintas NTB
, Sumbawa Barat - Mahasiswa Universitas Cordova Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) terus memberikan kontribusi nyata untuk masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat khusus warga Desa Kalimantong.

"Mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) Desa Kalimantong, Kecamatan Brang Ene, KSB salah satu programnya telah melaksanakan dan memberikan KIA (Kartu Identitas Anak) kepada ratusan anak-anak sekolah dasar di Desa Kalimantong," jelas Riska Alfiana dan Ismail Wahyudi kepada media ini, Kamis, (18/8/2022).

Ia juga mengatakan, program mahasiswa KKN Universitas Cordova di Desa Kalimantong ini sudah berjalan 2 pekan dengan jumlah anggota sebanyak 17 orang. Salah satu program unggulan tersebut yaitu KIA yang dimulai sejak tanggal 15 Agustus sampai 16 Agustus 2022. "Kartu Identitas anak (KIA) merupakan program yang bagus, karena kami sebagai anggota KKN tahun ini berikhtiar untuk mengedukasi dan memberikan pelayanan kepada masyarakat," kata Riska.

Dia menambahkan, sasaran program ini adalah anak anak sekolah dasar, TK dan Paud di desa Kalimantong. Menurut penjelasan dari anggota KKN  Riska Alfiana selaku staf dari Dinas Dukcapil KSB bahwa, kartu Identitas anak ini merupakan suatu yang wajib dimiliki anak, karena kartu ini sama kegunaannya seperti KTP, kartu ini bisa digunakan sebagai identitas dan bisa untuk mendaftar sekolah bagi anak Paud, TK dan SD.

Lanjut Riska menuturkan bahwa, pihaknya berharap kepada pemerintah daerah setempat supaya kartu KIA ini terus diberikan kepada masyarakat termasuk yang ada di Desa. Masyarakat perlu diberikan pelayanan berkala terkait KIA, karena hasil pantauan lapangan mahasiswa menemukan ada banyak warga Desa yang belum paham dan belum memiliki KIA untuk anak-anaknya.

"Alhamdulillah, kegiatan ini didukung oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) KSB bidang kependudukan. Anak-anak Desa Kalimantong atas nama Febriansyah dan Yadi Gazali, mengucapakan terima kasih kepada dinas terkait termasuk mahasiswa KKN Desa Kalimantong Undova 2022. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.