Bupati Sumbawa Barat, Pimpin Langsung Tim Kesenian Untuk Tampil DI Istana Negara


Lintas NTB
, Jakarta - Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin., MM berkesempatan mendampingi langsung tim kesenian yang diberikan kepercayaan oleh Panitia Hari Besar Kemerdekaan RI untuk tampil mengisi acara pada HUT RI ke 77 di Istana Negara. 

Tim kesenian yang menampilkan seni tari daerah dengan judul “Isong Bale” tersebut diperankan oleh sebanyak 100 seniman yang terdiri dari para pelajar, dan ibu – ibu yang memainkan perannya masing – masing sebagai penari, pemusik, dan penembang lagu.

Tim tari tampil memukau dihadapan para tamu undangan. Nampak para penari memainkan gerakan yang terdiri dari gerakan tari kolong, tari kebo, tari barinas, dan tari kenre pasakomong, yang diikat menjadi satu kesatuan judul tari yaitu tarian Isong Bale. 

Tarian yang berdurasi 12 menit tersebut, menggambarkan semangat gotong royong masyarakat Sumbawa Barat dalam keseharian. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa tema tarian Isong Bale, tampil bersama 4 kesenian lainnya. materi yang ditampilkan serta makna yang terkandung di dalam tarian isong bale mencerminkan nilai nilai kebersamaan dan gotong royong di dalam masyarakat yang merupakan sari pati dari nilai –nilai luhur kehidupan masyarakat bangsa Indonesia. 

Gotong royong dianggap sebagai perekat semangat kebangsaan untuk mampu kembali bangkit dari keterpurukan setelah wabah Covid 19. Dengan perpaduan kostum yang begitu seni para penari berusaha memainkan perannya masing – masing, dan berupaya memberi makna terhadap masing – masing gerakan yang mereka tampilkan. 

Dengan hentakan irama gong genang diikuti tiupan suara serunai, turut meramaikan suasana perhelatan peringatan peringatan HUT RI ke 77 tersebut. Tampak Bupati Sumbawa Barat, menyaksikan langsung bersama para tamu undangan lainnya yang berada pada posisi di depan. Tim tari yang telah mempersiapkan dirinya sejak satu bulan sebelum keberangkatannya menuju Jakarta tersebut, akhirnya berhasil menyuguhkan penampilan terbaiknya dihadapan para tamu undangan. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.