Ingin Program JKN-KIS Tersampaikan Ke Masyarakat Luas, BPJS Cabang Bima Dan PWI Sumbawa Barat Gelar Silaturahmi


Lintas NTB
, Sumbawa Barat - Untuk mensosialisasikan program jaminan kesehatan nasional kepada masyarakat dan sebagai informasi tentang layanan-layanan kesehatan yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Maka, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Bima bersama BPJS perwakilan Kabupaten Sumbawa Barat menggelar silaturahmi bersama insan media yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sumbawa Barat baik cetak, online dan TV.

"Silaturahmi bersama insan media dengan tema sinergi dan kolaborasi ini di angkat, sebagai bentuk pertemuan yang baik agar masyarakat mengetahui semua terkait BPJS Kesehatan," tutur Muhammad Ilham selaku Kepala Bidang SDMUKP BPJS Cabang Bima. 

Ia juga mengatakan, dengan adanya kegiatan silaturahmi ini, informasi terkait layanan dan program JKN KIS dapat tersampaikan ke masyarakat dengan baik. Dia menyampaikan agar semua program BPJS dapat tersosialisasi dan informasi terbaru program pelaksanaan JKN KIS bisa sampai ke pelosok-pelosok desa.

"JKN KIS adalah program layanan kesehatan yang diadakan oleh pemerintah Republik Indonesia. Program ini terkait dengan BPJS Kesehatan, keduanya sama-sama memberikan manfaat beragam dengan iuran terjangkau kepada masyarakat," jelasnya kepada awak media, Selasa, (2/8/2022) di Kila Balad Resto dan Cafe. 

Ia menambahkan, peran JKN KIS melalui program BPJS kesehatan memiliki banyak keuntungan dan tidak ada batasan biaya, ada juga sharing atau subsidi silang. Jadi iuran dibayarkan oleh masyarakat untuk membantu peserta yang lain. "Peserta JKN KIS, seperti penerima bantuan iuran (PBI) APBN, PBI APBD, bukan penerima bantuan iuran dan peserta mandiri," katanya.



Dia mengapresiasi masyarakat Sumbawa Barat yang sudah terkaper sebanyak 95 persen dalam BPJS kesehatan. Ia berharap dengan program ini dapat merubah mindset masyarakat agar tetap membayar iuran. "Kami selama tahun 2021 sudah membayar hutang klaim ke rumah sakit. Sampai sekarang sudah tidak ada tunggakan. Alhamdulillah sampai saat kami sudah melunasi ke rumah sakit," imbuhnya.

Lanjutnya, kami ada SOP dan ketentuan untuk membayar iuran klaim rumah sakit, Insyah Allah kedepan tidak akan terjadi devisit. Kepala BPJS perwakilan Sumbawa Barat, Baiq Soraya Widiyanti menjelaskan semua terkait pelayanan JKN KIS dan program-program BPJS yang sudah berjalan di Kabupaten Sumbawa Barat. Dia meminta agar masyarakat semua bisa ikut menjadi peserta JKN KIS, baik melalui mandiri, bantuan pemerintah dan masyarakat juga diingatkan agar menjaga pola hidup sehat.

Ia berpesan kepada masyarakat yang telah mengambil BPJS mandiri agar tetap membayar iuran program agar program ini bisa dirasakan oleh masyarakat tidak mampu.

Ditempat yang sama, Ketua PWI KSB Hairil W. Zakaria memperkenalkan anggota PWI satu persatu. Dia berharap agar kerjasama dengan awak media untuk mensosialisasikan kegiatan BPJS kedepannya terus dilakukan, minimal satu bulan sekali.

Tujuannya agar program layanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat bisa tersampaikan dengan baik dan keluhan-keluhan dari masyarakat bisa di ketahui oleh pihak BPJS. Ia juga mengapresiasi kegiatan dari BPJS kesehatan cabang Bima pada hari ini yang sudah memperkenalkan semua programnya. Dia berharap agar rutin dilaksanakan supaya ada pemahaman yang sama terhadap semua program ini dengan ujungnya masyarakat bisa sejahtera. 

Selesai acara sambutan, perwakilan BPJS Cabang Bima menyampaikan materi terkait program JKN-KIS yang sudah berjalan di tengah masyarakat. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.