Mahasiswa KKN Unram Gelar Pelatihan Daun Kelor Jadi Teh

 


Lintas NTB, Lombok Timur - Diketahui daun kelor adalah tanaman dengan segudang manfaat yang berasal dari suku Moringaceae. Selain ukurannya yang kecil, daun kelor juga memiliki bentuk oval dan bertangkai. Tinggi pohonnya bisa mencapai 11 meter dengan ujung-ujung rantingnya dihiasi bunga berwarna kuning beraroma semerbak.


Oleh karna itu, dalam rangka meningkatkan pemanfaatan daun kelor sebagai salah satu peluang usaha yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mataram (Unram) di Desa Pandan Wangi menggelar pelatihan pembuatan teh yang berbahan dasar dari daun kelor yang dilaksanakan di salah satu rumah warga Desa Pandan Wangi dengan sasaran ibu-ibu yang tergabung dalam sekolah perempuan.


"Pelatihan ini mengajarkan kepada ibu-ibu bagaimana cara mengolah daun kelor menjadi sesuatu yang ekonomis dan memiliki nilai bisnis," ujar Ketua KKN Tematik Unram Desa Pandan Wangi, Dika Putra melalui release yang diterima media ini di Mataram pada, Sabtu kemarin, (30/07/2022)

 

Ia mengaku, kegiatan pelatihan pemanfaatan daun kelor menjadi teh ini juga, berjalan dengan lancar dan disambut antusias oleh ibu-ibu. 


"Terlihat ibu-ibu begitu aktif mengikuti kegiatan tersebut,mulai dari menyimak materi sampai dengan pengolahan dan pembuatan daun kelor menjadi produk teh," tandasnya.


Harapan kami, kata dia, dengan diadakannya pelatihan pemanfatan daun kelor ini agar masyarakat dapat memanfaatkan daun kelor menjadi sebuah produk yang lebih ekonomis. 


"Mengingat kita melihat selama ini, masyarakat hanya memanfaatkan daun kelor sebagai sayur bening dan tanaman kelor hanya sebagai pagar pekarangan," pungkasnya. (***)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.