PWI dan Amman Salurkan Bantuan Di Desa Talonang Baru


Lintas NTB, Sumbawa Barat - Wajah ceria terpancarkan dari anak-anak Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) satu atap Desa Talonang Baru Kecamatan Sekongkang Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) saat menerima bingkisan dari pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) KSB dan PT. AMNT.

Ketua PWI KSB Hairil W. Zakaria menyampaikan dalam sambutannya bahwa, Desa Talonang ini merupakan Desa terjauh dari pusat pemerintahan daerah KSB. Namun berbagai potensi dan keindahan alam Desa Talonang Baru sungguh sangat indah. 

Ia berpesan kepada anak-anak SD dan SMP Desa Talonang Baru agar selalu menulis terkait apapun supaya dikenal orang banyak. "Kita harus menulis agar dikenang oleh dunia. Saya melihat di desa Talonang baru ini, ada potensi besar untuk dikembangkan seperti sumberdaya manusia, pengembangan budaya, pengembangan sumberdaya alam, pertanian dan pariwisata," jelas Hairil akrab ia disapa.

Dia juga mengatakan kepada anak-anak sekolah agar tidak perlu takut untuk bercita-cita tinggi, berprestasilah dan gantung cita-cita setinggi langit. Karena program beasiswa saat ini sudah sangat banyak, tinggal kemauan yang ditingkatkan. Terkait kegiatan ekspedisi Talonang ini, rekan-rekan media akan mempublikasikan semua potensi yang ada di Desa Talonang Baru secara luas agar diketahui oleh dunia dan diketahui pemangku kepentingan supaya program dan kebijakannya tepat sasaran. "In Syah Allah rekan-rekan wartawan akan terus menjalin kemitraan dan menjadi jembatan antara dengan desa, Pemda dan swasta," imbuhnya.

Ia juga menjelaskan, dalam berbagai kebijakan, ada porsi-porsi yang harus dibedakan dalam mengambil kebijakan. Ada porsi pemerintah daerah, porsi perusahaan dan porsi media. Untuk porsi media dilakukan lewat karya-karya jurnalistik untuk mengangkat segala potensi desa di selatan KSB agar masyarakat dan pemangku kepentingan bisa tercerahkan.

Dia mengucapkan terima kasih kepada anak-anak sekolah yang selalu semangat dan mau menerima rombongan PWI, PT. AMNT dan  pemerintah Desa dalam ekspedisi Talonang ini. "Apabila ada yang salah dalam kunjungan kami, kami meminta maaf bila ada hal-hal yang tidak diinginkan dalam ekspedisi Talonang ini," tambahnya.

Kepala Desa Talonang Baru Budi Haryo, SP dalam sambutannya mengatakan, dirinya sangat bangga dan menyambut baik kegiatan ekspedisi dari anggota PWI KSB ke Desa Talonang Baru. "Kami dari pemerintah Desa Talonang Baru mengucapkan selamat datang kepada rekan-rekan media dan kami sangat bersyukur rekan-rekan media mau berkunjung dan memilih desa Talonang dalam kegiatan ekspedisi," ungkapnya.

Dia mengucapkan permohonan maaf atas segala kekurangan dalam pelayanan dan fasilitas selama di Desa Talonang. "Saya mengucapkan terima kasih kepada rekan PWI dan Perusahaan AMNT yang mau mengunjungi desa Talonang Baru, walaupun terletak diujung KSB," tuturnya kepada awak media, Senin, (22/8/2022).

Ia juga menyampaikan bahwa, di Desa Talonang Baru ini penduduknya sebanyak 574 kepala keluarga, lima dusun dan 17 RT. Di Desa Talonang baru ada berbagai potensi seperti pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan. Dia menceritakan terkait permohonan bantuan sumur bor lengkap dan taman kepada PT. AMNT untuk sekolah satap Talonang Baru. "Mudah-mudahan PT. AMNT bisa membantu sekolah Satap Talonang Baru untuk kepentingan anak-anak," ungkapnya.

Perwakilan Manager Eksternal Komunikasi PT. AMNT Ananta Wisesa sangat mensuport kegiatan ekspedisi Talonang ini. Karena warisan terbaik itu harus mendukung berbagai potensi yang ada di Desa, Kecamatan dan Daerah. Ia juga menyampaikan, PT. AMNT ada berbagai beasiswa untuk anak-anak dan program beasiswa untuk mahasiswa dan program CSR bagi masyarakat. Lanjut Ananta, terkait beberapa bantuan untuk sekolah dan pemerintah Desa Talonang Baru. In Syah Allah akan saya coba bantu komunikasi kepada pihak manajemen. "Kami dari AMNT akan mendukung berbagai hal-hal yang positif untuk kesejahteraan masyarakat," katanya.

Hadir dalam acara itu, Kepala Desa Talonang, Kepala Sekolah SD Fahmi Syaili, S. Pd., M. Pd, pihak Perusahaan AMNT, 20 anggota PWI, para guru dan anak-anak Satap Talonang. Berdasarkan pantauan media dilapangkan ada sebanyak 50 anak SD dan SMP satap Talonang Baru yang diberikan donasi untuk menunjang aktivitas sekolah. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.