Tahap Awal Rekrutmen Smelter, 245 Pelamar Di Butuhkan


Lintas NTB
, Sumbawa Barat - Pemerintah Daerah melalui Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumbawa Barat telah melakukan sosialisasi rekrutmen tenaga kerja pembangunan smelter di lantai III sekretariat daerah (Setda) KSB.

"Sosialisasi rekrutmen tenaga kerja bertujuan sebagai pemberitahuan secara luas kepada masyarakat. Materi yang disampaikan saat sosialisasi yaitu tahapan administrasi, wawancara dan kesehatan," kata Kepala Disnakertrans KSB Ir. H. Muslimin, HMY., M. Si melalui Kepala Bidang Tenaga Kerja, Tohirudin, SH kepada media ini, Senin, (8/8/2022) selesai acara sosialisasi.

Ia menjelaskan, dalam perekrutan tenaga kerja ada hal yang baru, dimana pelamar tidak akan bersentuhan langsung dengan tim rekrutmen, pelamar dapat mendaftar secara online melalui aplikasi SIP Kanti. Dia juga memberitahukan kepada masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat bahwa, saat perekrutan nanti ada buku panduan pengisian formulir terkait tenaga kerja.

"Saat Sosialisasi kami mengundang Kepala OPD, Camat, Kepala Desa, Agen AGR, TNI dan Polri agar pesan ini bisa sampai ke masyarakat secara jelas dan luas," tutur Tohir.

Dia berharap, informasi ini mudah-mudahan tersampaikan ke masyarakat melalui Camat, Kepala Desa dan Lurah. Karena kami sudah memberikan sosialisasi baik itu sistem rekrutmen melalui aplikasi, alur proses dan tata cara pengisian formulir. Dengan kehadiran Camat, Kades dan Lurah dapat menyebarkan informasi bagaimana rekrutmen kali, jumlah kebutuhan dan tata cara kebutuhan tenaga kerja. "Untuk tahap awal ada 250 pelamar yang dibutuhkan di tiga perusahaan yaitu PT. PIL 179 pelamar, PT. KTI 25 pelamar dan PT. JGC 42 pelamar baik itu skill dan non skill. "Bila tidak ada halangan pengumuman akan disampaikan minggu ini," jelas Tohir yang dikenal Low Profile.

Ia juga menyampaikan, aplikasi SIP Kanti sudah di launching dalam sosialisasi rekrutmen tenaga kerja pagi tadi. Dia mengatakan, tahapan sosialisasi di titik tekankan dalam pengisian formulir pendaftaran, administrasi, tes tulis yang akan memakai sistem CAT dan tes kesehatan atau MCU. "Saya harap rekrutmen kali ini berlangsung secara profesional dan proporsional," tutupnya. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.