Australia-Indonesia Berkolaborasi Kurangi Infeksi Parasit Pada Anak Sekolah di Bali


 

“Kita harus membantu anak-anak kita untuk mencapai potensi penuh mereka” kata Dr Ni Made Utami Dwipayanti dari Pusat Inovasi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana.

 

Angka terbaru menunjukkan bahwa lebih dari sepertiga anak Indonesia berusia 3-15 tahun dapat dikategorikan sebagai 'kerdil' (36,8% pada 2017). 

Menurut Dr Dwipayanti, Alasan utama kegagalan anak-anak kita untuk berkembang sebagaimana mestinya adalah karena infeksi parasit. 

"Beberapa wilayah Bali diklasifikasikan memiliki infeksi tingkat sedang yang menyerang 24% anak sekolah – ini harus dan dapat dikurangi hingga di bawah 10%.”

 

Institut Australia-Indonesia, melalui Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia, telah mendanai sebuah proyek yang dirancang untuk mengurangi infeksi parasit di kalangan pelajar dan untuk meningkatkan pertumbuhan mereka, serta kemampuan dan kapasitas kognitif mereka untuk berkonsentrasi dan mendapatkan hasil maksimal dari studi mereka. 

 

Bekerja sama dengan peneliti dari Griffith University di Queensland, Australia, dan The Australian National University, sebuah 'buku cerita pendidikan kesehatan' yang menarik telah dirancang untuk pelajar, guru, dan keluarga di rumah untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara mencegah infeksi parasit dan meningkatkan kebersihan.

 

Buku cerita tersebut diserahkan kepada perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Dinas Pendidikan, Pemberdayaan Masyarakat dan Perguruan Tinggi di Bali di Konsulat-Jenderal Australia di Bali pada Senin, 12 September 2022.

 

Dalam sambutannya, Konsul Jenderal Australia di Bali, Ms Anthea Griffin mengatakan, "Bali adalah jantung dari hubungan antar masyarakat kedua negara kita, dan kerjasama antara Universitas Griffith, Universitas Nasional Australia (ANU) di Australia dan Universitas Udayana di Bali memperkuat pilar utama hubungan bilateral kita: perdagangan, investasi, kerjasama pembangunan, pendidikan dan pelatihan, serta penelitian dan inovasi."

 

“Australia bangga dengan sejarah panjang kolaborasi dan kemitraan kami dengan Indonesia dan saya berharap dapat mendengar lebih banyak tentang program ini dan melihat kerja sama yang lebih erat antara lembaga pendidikan kita,” tambah Konsul Jenderal Griffin.

 

Prof Don Stewart, dari Griffith University, dan Prof Darren Gray dari ANU telah bekerja di Jawa selama hampir 10 tahun untuk mengurangi 'buang air besar sembarangan' dan meningkatkan sanitasi dan kebersihan di masyarakat pedesaan. Mereka sekarang bekerja sama dengan Dr Dwipayanti untuk meningkatkan kebersihan, sanitasi dan gizi buruk yang terkait dengan infeksi parasit di Bali.

 “Kami memiliki bukti yang jelas bahwa ketika kita memperkenalkan jamban rumah tangga di Jawa Tengah,” kata Prof Gray, “kami mengurangi infeksi parasit di masyarakat.

 Setelah kita mengurangi infeksi, kita membiarkan tubuh mendapatkan manfaat dari nutrisi yang lebih baik. Pada gilirannya, ini mengarah pada pencernaan dan penyerapan nutrisi yang lebih baik, yang bagi anakanak sekolah, mengarah pada peningkatan kapasitas untuk belajar dan mengurangi kelelahan di sekolah, serta pertumbuhan yang optimal”.



Prof Stewart mengatakan bahwa buku cerita baru, yang telah dikembangkan, dirancang dan diproduksi di Bali, akan menjadi intervensi pendidikan kesehatan yang sesuai secara budaya untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku yang berkaitan dengan gizi, kebersihan dan sanitasi.  

 

Dr Dwipayanti akan memimpin tim di Bali Timur yang juga akan mengukur tinggi dan berat badan anak sekolah, menganalisis tingkat infeksi parasit serta memberikan obat-obatan. “Kami akan mengevaluasi bukti dengan hati-hati dan memberikan umpan balik tentang hasilnya kepada masyarakat setempat,” kata Dr Dwipayanti.

Red




0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.